Dua HPC Perkuat Tanjung Perak

- 19/12/2016, 18:10
Kedua HPC ..... diharapkan dapat mendukung pelayanan di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak, yakni bongkar muat untuk barang yang meliputi curah kering, general cargo dan bag kargo.

Setelah sebelumnya kedatangan satu alat bongkar muat berjenis Mobile Harbour Crane (MHC), Pelabuhan Tanjung Perak kembali kedatangan alat bongkar muat yakni dua Harbour Portal Crane (HPC). Kedua HPC yang masing-masing memiliki kapasitas angkat hingga 120 ton ini tergolong ramah lingkungan karena digerakan dengan tenaga listrik.
Rencananya kedua HPC ini akan menambah kekuatan sembilan alat bongkar muat yang sudah ada di Terminal Jamrud sebelumnya. ’’Jadi kami sekarang memiliki sebelas alat bongkar muat di Terminal Jamrud,’’ kata General Manager Pelindo III Tanjung Perak, Joko Noerhudha.
Alat bongkar muat asal Italia ini tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada tanggal 18 November 2016 dengan menggunakan Kapal MV Baltic Winter dan bersandar di Terminal Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak.’’Ini adalah upaya kami untuk meningkatkan produktifitas bongkar muat di pelabuhan Tanjung Perak sehingga biaya logistik dapat diminimalisir,’’ tambah Joko.
Keunggulan dari HPC ini adalah pertama memiliki mesin berjenis hybrid. Artinya dapat digerakan dengan tenaga listrik maupun Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga bisa mengurangi polusi udara di Pelabuhan. ’’Utamanya adalah menggunakan listrik. Sedangkan, BBM hanya untuk cadangan,’’ kata Kepala Humas Pelindo III Tanjung Perak, Oscar Yogi Yustiano. Kedua, struktur HPC memungkinkan untuk kendaraan angkut seperti truk lewat tepat di bawah HPC. Hal ini dapat menghemat tempat bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak.’’Kalau alah bongkar muat lainnya seperti MHC, truk harus lewat disampingnya,’’ jelasnya.
Kedua HPC yang masing-masing memiliki bobot sekitar 400 ton ini diharapkan dapat mendukung pelayanan di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak, yakni bongkar muat untuk barang yang meliputi curah kering, general cargo dan bag kargo. Hal ini diperlukan karena arus barang di Pelabuhan Tanjung Perak yang terus meningkat. ’’Pertumbuhan arus barang di Pelabuhan Tanjung Perak dari tahun ke tahun trendnya positif,’’ terangnya.
Perlu diketahui arus barang (curah kering, curah cair, general cargo dan bag cargo) pada triwulan ketiga 2016 di Pelabuhan Tanjung Perak mengalami kenaikan mencapai empat persen atau mencapai 10.891.611 T/M3 apabila dibandingkan triwulan ketiga 2015 mencapai 10.454.209 T/M3.