Ditjen Hubla Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran Di Atas Kapal Patroli Kn. Trisula Dan Kn. Alugara

Eko Nugroho - 13/12/2017, 12:18

BANTEN (13/12) - Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok mensosialisasikan keselamatan pelayaran di atas 2 (dua) kapal patroli milik PLP Kelas I Tanjung Priok, yaitu KN. Trisula P. 111 dan KN. Alugara P. 114 pada hari ini (13/12) dalam pelayarannya menuju Gunung Krakatau, Banten.


Sosialisasi keselamatan pelayaran dilakukan untuk para pegawai dari Dinas Pendidikan Provinsi Banten  sebanyak 100 (seratus) orang yang menaruh perhatian pada keselamatan pelayaran sekaligus dalam rangka melakukan observasi kepentingan penelitian cagar budaya/alam di Gunung Krakatau.


Di dalam pelayarannya, KN. Trisula mengangkut 60 pegawai dan KN. Alugara memuat 40 pegawai dari Dinas Pendidikan Provinsi Banten tersebut.


"Sosialisasi keselamatan pelayaran dilakukan di atas kapal patroli yang membawa rombongan pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Banten yang menaruh perhatian akan pentingnya keselamatan pelayaran. Mereka juga naik kapal patroli dalam rangka observasi lingkungan di Gunung Krakatau," ujar Kepala Seksi Operasi PLP Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto yang mewakili Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tg. Priok.


Dalam kesempatan tersebut, petugas pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok memperagakan cara memakai life jacket yang benar di atas kapal KN Trisula.


"Kita menunjukan peragaan dan simulasi keselamatan di atas kapal termasuk penggunaan life jacket. Tentunya, ilmu yang didapatkan mereka ini dapat diteruskan ke orang lain sehingga akan semakin banyak yang memahami keselamatan pelayaran sebagai tanggung jawab bersama," tutup Capt. Pujo.


Sebelumnya, Pangkalan PLP Tanjung Priok dan Distrik Navigasi Tanjung Priok menyerahkan buku profil kepada Dinas Pendidikan Provinsi Banten secara simbolis usai upacara pada saat keberangkatan kapal patroli tersebut.


Adapun dalam acara tersebut, kehadiran maskot keselamatan pelayaran, Si Bombang juga menarik perhatian para pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Banten.