Skip to content

Patrakom Luncurkan Aplikasi Mobil Vessel Information System

*

(kiri-kanan): Bogi Witjaksono, Direktur Utama Patrakom, dan Dian Rachmawan, Direktur Enterprise & Business Telkom, di acara peluncuran Patrakom VIS mobile app di Jakarta, 13 Desember 2017 (dok. mj)

Sejalan dengan cita-cita besar Presiden Indonesia Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia (Global Maritime Axis), maka Patrakom, anak usaha PT Telkom Indonesia, sejak 2013 semakin memantapkan diri sebagai perusahaan penyedia sistim informasi (ICT) berbasis satelit yang melayani berbagai segmen bisnis dengan fokus pada industri maritim dan energi.

Get Free Latest Magazine by Join Our Weekly Newsletter:Click here to join free weekly newsletter

Mulai 2016 Patrakom memulai kiprahnya dalam sektor maritim dengan menjadi mitra PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) dan Pertamina Shipping, dalam hal menyediakan ICT sistem komunikasi kapal laut yaitu dalam bentuk penyediaan layanan internet di armada kapal Pelni dan Pertamina,

Anak usaha Telkom ini sadar bahwa layanan telekomunikasi telah menjadi tulang punggung keberhasilan bisnis Pelanggan oleh karena itu Patrakom terus berinovasi dalam hal layanan dan teknologi untuk melayani pasar satelit Maritim di Indonesia.

Maka pada Rabu (13/12/2017)., Patrakom mengadakan acara bertema “Digitalization on Maritime Sector”, sekaligus meresmikan salah satu inovasinya dengan meluncuran aplikasi mobil (Mobile Apps) “Vessel Information System” berbasis Android dan IOS, di Hotel Four Season, Jakarta.

“Kini dengan teknologi terbaru dan dukungan tenaga profesional, Patrakom dengan bangga menghadirkan produk aplikasi Vessel Information System (VIS), sebuah solusi aplikasi mobile berbasis Android dan IOS yang sangat tepat menjawab kebutuhan industri Maritim Indonesia,” kata Bogi Witjaksono, Direktur Utama Patrakom, dalam pidato singkatnya..

Didukung terobosan teknologi terkini yang andal, solusi Patrakom VIS ini memiliki berbagai keunggulan yang membantu memaksimalkan potensi kapal sekaligus melakukan efisiensi biaya operasional pelanggan yang bisa dilihat dalam genggaman di smartphone.

“Dengan keunggulan ini dapat memonitor posisi kapal secara Real Time yang ditampilkan dalam peta secara presisi, fitur pergerakan kapal, yang memungkinkan dapat memonitor pergerakan satu kapal secara real time dan lebih spesifik dan database data tracking yang besar, memungkinkan untuk dapat melihat data tracking kapal sampai periode tahunan,” Bogi menjelaskan.

Selain itu, rangkuman perjalanan kapal selama 1 minggu terakhir dapat dilakukan dengan satu klik, dapat memonitor konsumsi bahan bakar secara periodik serta performansi mesin kapal serta fitur tambahan lainnya.

Selain peluncuran aplikasi VIS Mobile App, dalam acara tersebut juga dilangsungkan beberapa penandatanganan kerjasama pengembangan layanan komunikasi maritime antara PT. Telkom yang didukung penuh oleh Patrakom dengan sejumlah institusi negara dan BUMN seperti PT Pertamina Shipping, PT PELNI, PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (DKB), TNI AL, Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan PT. Petro One Indonesia

Join Telegram Group Shipping & Logistics: t.me/shippinglogistics

Sejak didirikan pada tahun 1995, PT Patra Telekomunikasi Indonesia atau yang dikenal sekarang dengan nama Patrakom, telah tumbuh menjadi perusahaan ICT terbesar. Berawal hanya melayani untuk bisnis perminyakan, eskpansi terus berkembang hingga memantapkan diri menjadi yang terdepan dalam bisnis sarana dan penyelenggara Jasa Sistem Komunikasi Satelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *