Alfatekel Harapkan Indonesia Mampu Kelola Potensi Kemaritiman untuk Kesejahteraan Rakyat

Wilam Chon - ​JAKARTA, 24/07/2018, 10:35

*

Pembangunan ekonomi kemaritiman harus mengedepankan pendayagunaan sumberdaya  dan fungsi kelautan secara bijaksana sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia.


Hal itu diungkapkan  Ketua Umum Alumni Fakultas Teknologi Kelautan Institut Sepuluh Nopember (Alfatekel ITS), Gigih Retnowati di Jakarta, kemarin.


Gigih mengatakan  alumni Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Sepuluh November (ITS) berharap Indonesia mampu memanfaatkan dan mengelola berbagai potensi kemaritiman untuk memakmurkan dan kesejahterakan segenap rakyat Indonesia. 


Gigih Retnowati belum.lama ini  terpilih sebagai Ketua Umum Alfatekel ITS Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) untuk masa bhakti  2018-2021.


Gigih Retnowati, bertekad mendukung penuh program pembangunan kemaritiman nasional. Pasalnya, Indonesia adalah negara maritim. Negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan. 


Dia   bertekad kuat  menjadikan Alfatekel ITS Jabodetabek menjadi yang terdepan sebagai wadah dinamika dan aktifitas alumni Fakultas Teknologi Kelautan ITS dalam pembangunan maritim di Indonesia. 


Visi tersebut dituangkan dalam tujuh prinsip dasar program kerja Alfatekel ITS Jabodetabek yang di sebut sebagai "Sapta Andika Sabda Samudera".


Ketujuh prinsip program kerja tersebut adalah kebersamaan (integralistic), digitalisasi (digitalization), profesionalisasi (professionalism), keselarasan (link and match), pengabdian (social devotion), inkubasi bisnis (business incubation), dan kajian keilmuan (think thank). 


"Dengan Sapta Andika Sabda Samudera ini diharapkan muncul peranan yang nyata dari para alumni di dalam peningkatan pembangunan negara maritim," katanya.


Beberapa program menurutnya sedang di matangkan untuk menjawab beberapa tantangan pembangunan negara maritim di Indonesia. (wilam)


This news does not have any tags yet.