ALFI DKI Imbau PPJK Segera Instal Modul PDE Internet

Wilam Chon - Jakarta, 26/12/2018, 16:29

*Widijanto, Ketua DPW ALFI DKI

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengimbau anggotanya Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) agar segera menginstal modul Pertukaran Data Elektronik (PDE) via internet  yang disediakan Ditjen Bea dan Cukai.


Ketua DPW ALFI DKI, Widijanto Rabu (26/12/2018) mengatakan modul PDE internet dapat diinstal melalui Portal Pengguna Jasa dengan petunjuk cara menginstal  dapat dilihat di Tutorial Bea dan Cukai melalui www.bcpriok.info.


Widijanto mengatakan ALFI mengingatkan PPJK segera menginstal modul PDE internet  karena mulai 1 Januari 2019, submit dokumen impor/ekspor sudah diberlakukan secara penuh menggunakan PDE internet.


Sebelumnya submit Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dilakukan melalui jaringan yang disediakan oleh PT. EDI Indonesia (EDII), anak perusahaan Pelindo II.


Widijanto mengatakan ALFI mendukung penuh penerapan PDE internet antara lain karena tidak  berbayar alias gratis, sehingga diharapkan dapat menurunkan biaya logistik, katanya.


Perusahaan impor/ekspor atau wakilnya yang melakukan submit dokumen sekarang ini cukup dengan mengajukan surat ke Ditjen Bea dan Cukai, tegas Widijanto.


This news does not have any tags yet.