Aptrindo Harapkan Angkutan Barang Plat B Dapat Uji Kir di Daerah

Wilam Chon - Jakarta, 24/08/2018, 14:42

*

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengimbau pemerintah agar mengatur (regulasi)  uji kir bagi angkutan barang yang  terdaftar di Jakarta (plat B) tapi beroperasi atau dapat kerjaan di luar ibukota.


Ketua DPD Aptrindo DKI Mustajab Susilo Basuki mengatakan kemarin, kesulitan untuk uji kir tersebut sudah dikeluhkan pemilik kendaraan plat B yang kendaraannya mendapat pekerjaan di daerah seperti Kalimantan, Palembang dan berbagai daerah lain.


Mustajab mengatakan selama ini untuk kendaraan plat B  yang operasi di luar DKI  mencari jalan sendiri sendiri untuk selamatkan diri  seperti buku kir aspal dan sejenianya.


Tapi sekarang ini dengan penertiban Over Dimensi Over Load (ODOL), tambahnya, cara cara melanggar seperti itu tidak mungkin lagi diteruskan. "Karena itu Aptrindo minta pemerintah mengatur cara uji kir kendaraan yang beroperasi di luar tempatnya terdaftar," tambahnya.


"Kita memgharapkan  ada aturan uang membolehkan uji kir bagi kendaraam tersebut. Misalnya boleh numpang kir di daerah tempatnya beroperasi atau petugas kir yang membawa alat uji kir ke daerah," tambahnya


Mustajab menduga cukup banyak krmdaraan angkutan barang plat B  yang beroperasi di daerah luar Jakarta.


Ini dapat dilihat dari sekitar 54.000 unit angkutan barang terdaftar di Jakarta hanya 54% (29.160 unit) melakukan uji kir mobil baru di PKB Pulo Gadung.Sisanya 46% tidak melakukan uji kir mobil baru.


Mustajab mengatakan di antara yang tidak melakukan uji kir ini diduga beroperasi di luar Jakarta. "Kendaraan tersebut perlu diatur pemerintah agar dapat melakukan uji kir, " tegas Mustajab. (wilam)


This news does not have any tags yet.