Dirjen Hubla Lepas 6 Kapal Angkut Pemudik Gratis dari Tanjung Priok

Wilam Chon - Jakarta, 10/06/2018, 19:42

*

Direktur Jenderal Perhubungan Laut,  R  Agus H Purnomo  melepas 4 kapal perintis dan 2 kapal ternak untuk mengangkut peserta mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, pada Minggu (10/6/2018).


Empat kapal perintis meliputi  KM Sabuk Nusantara 84, 85, 95 dan 97. Sementara 2  kapal ternak, meliputi: KM. Camara Nusantara 1 dan 3.


Sebanyak  1.685 orang pemudik diberangkatkan  dengan 4 kapal perintis dan 776 unit motor diangkut dengan 2 kapal ternak dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Semarang. 


"Pemberangkatan hari ini merupakan yang kedua kalinya bagi peserta mudik gratis dengan kapal. Kemarin telah diberangkatkan kloter pertama sebanyak 1.228 orang pemudik dan 571 unit sepeda motor dengan tujun yang sama yaitu Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” kata Agus H Purnomo.


Untuk  melayani angkutan mudik gratis sepeda motor dengan kapal, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan 16 unit kapal perintis. 


Ke-16 unit kapal terdiri dari 10 (sepuluh) unit kapal perintis, 5 (lima) unit kapal ternak dan 1 (satu) unit kapal Roro. 


Menurut Dirjen Hubla, program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan akan melayani trayek Tanjung Priok – Tanjung Emas Semarang PP dengan total kuota kapasitas sebesar 15.200 sepeda motor dan 30.400 penumpang. 


Adapun jadwal keberangkatan arus mudik dari Jakarta ke Semarang adalah pada tanggal 9 sampai dengan tanggal 13 Juni 2018 dan arus balik dari Semarang ke Jakarta dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan tanggal 22 Juni 2018.


“Alhamdulillah animo masyarakat untuk mengikuti mudik gratis dengan kapal laut tahun ini naik signifikan, bahkan untuk kuota tanggal tertentu sudah terisi penuh, " ujarnya.


Ini menunjukan semakin membaiknya pemahaman masyarakat yang ingin mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman dengan menggunakan kapal laut dibanding melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor di jalan raya, ujar Agus H Purnomo.


"Untuk itu, pada kesempatan ini saya mengimbau kepada para pemudik untuk mempersiapkan diri dengan baik serta menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan prima, tidak membawa barang berlebihan, mematuhi semua aturan dan petunjuk keselamatan pelayaran, serta menjaga dan tidak merusak fasilitas di atas kapal," kata Dirjen Hubla.


This news does not have any tags yet.