FKA segera Inventarisasi Regulasi Macet & Tarif Kadaluwarsa di Priok

Wilam Chon - Jakarta, 08/08/2018, 10:47

*

Forum Komunikasi Asosiasi (FKA) di Pelabuhan Tanjung Priok segera  meningkatkan perannya  sebagai wadah  asosiasi  dalam  membahas berbagai masalah terkait kegiatan di Pelabuhan Tanjung Priok.


Sekretaris FKA Budi Wiyono kemarin mengatakan  tahap awal ini FKA  segera melakukan inventarisasi masalah di pelabuhan. "Misalnya tarif layanan jasa apa saja  yang sudah  kadaluwarsa  mau pun berbagai ketentuan pemerintah yang tidak jalan di pelabuhan", ujarnya.


Budi mengatakan Forum Komunikasi ini berdiri sejak tahun 1990 an. Pada awalnya forum ini cukup aktif  ikut berpartisipasi menyelesaikan berbagai persoalan di pelabuhan.


"Namun beberapa tahun belakangan ini fungsi FKA sudah tidak signifikan. Dalam pertemuan hanya sekedar makan bersama saja. Sementara permasalahan di pelabuhan makin banyak," ujar Budi.


"Karena itu usai  penetapan Widijanto sebagai koordinator FKA minggu lalu,  forum ini bangkit dengan berkomitmen untuk  kembali berperan ikut mengawasi berbagai kegiatan di pelabuhan," ujar Budi Wiyono.


Budi mengakui ada  berbagai masalah yang menjadi perhatian FKA untuk segera diselesaikan. Misalnya tarif sudah kadaluwarsa seperti Ongkos Pelabuhan Pemuatan/ Ongkos Pelabuhan Tujuan (OPP/OPT) dan tarif lini 2 ( layanan barang impor status  LCL) sampai sekarang belum diperbarui.
 
Koordinator FKA Widijanto mempertegas  berbagai kebijakan pemerintah   mau pun kesepakatan asosiasi dengan terminal juga   tidak  berjalan dengan baik. 


Misalnya kebijakan penghapusan uang jaminan kontainer , DO Online ,  batas waktu kontainer long stay dan berbagai peraturan lainnya  tidak berjalan baik.


Juga kesepakatan asosiasi  dengan terminal petikemas seperti tarif progresif ternyata tidak mencapai sasaran. Ini juga menjadi perhatian FKA untuk diselesaikan, kata Widijanto. (wilam)


This news does not have any tags yet.