IPC dan Pelindo I Bersinergi Dalam Pengelolaan Batu Ampar Batam

Martinus Job - Jakarta, 09/06/2018, 11:37

*Dirut Pelindo II, Elvyn G. Masassya, dan Dirut Pelindo I, Bambang Eka Cahyana memperlihatkan MoU Kerjasama Pengelolaan Batu Ampar

Pada Kamis (8/6/2018) di Jakarta, PT Pelabuhan Indonesia II / IPC menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penyiapan Kerjasama Operasi Pengelolaan Pelabuhan Batu Ampar (Batam) dengan PT Pelabuhan Indonesia I. MoU ini langsung ditandatangani oleh Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya dan Direktur Utama PT Pelindo I, Bambang Eka Cahyana. 

Kerja sama bisnis ini dilatarbelakangi keinginan untuk merealisasikan potensi bisnis penyediaan jasa kepelabuhanan yang bertaraf internasional dengan dukungan captive market di Batam.

Batam sebagai lokasi yang sangat strategis karena terletak dalam jalur pelayaran internasional dengan salah satu rute tersibuk di antara Selat Malaka dan Singapura. 

Pulau tersebut  telah dikembangkan selama ini sebagai kawasan industri, transhipment dan daerah pariwisata, yang mana 90 persen dari barang-barang dipastikan melalui pelabuhan di Batam.

Bagi Batam kolaborasi antara dua BUMN pengelola pelabuhan terbesar di Indonesia ini diharapkan dapat diterima oleh Badan Pengelola (BP) Batam sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kepelabuhanan di Batam, khususnya Pelabuhan Batu Ampar, baik dari sisi pengelolaannya maupun untuk strategi bisnis kedepannya. 

"Kerjasama ini menjadi dasar kesepakatan dan komitmen dalam penyiapan kerjasama operasi pengelolaan Pelabuhan Batu Ampar beserta area pendukungnya di Batam dan bagi Batam kolaborasi antara dua pengelola pelabuhan terbesar di Indonesia ini diharapkan dapat diterima oleh BP Batam sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kepelabuhanan di Batam, khususnya Pelabuhan Batu Ampar, baik dari sisi pengelolaannya maupun untuk strategi bisnis kedepannya", ujar Elvyn G. Masassya.

MoU ini dimaksudkan sebagai pedoman dan persiapan untuk melaksanakan penyiapan kerjasama operasi pengelolaan Pelabuhan Batu Ampar beserta area pendukungnya di Batam. 

Selain itu MoU ini juga bertujuan untuk mensinergikan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka melakukan kerjasama dengan tetap memperhatikan dan menjunjung tinggi prinsip kelayakan dan saling menguntungkan. 

Dalam kesempatan itu, Elvyn juga menyatakan bahwa kerjasama ini akan menjadi sinergi bisnis BUMN pelabuhan yang menguntungkan.

Manajemen IPC sangat menyadari bahwa kolaborasi yang dilakukan antar Badan Usaha Milik Negara mampu meningkatkan nilai lebih pada perusahaan, termasuk untuk kepentingan negara dan masyarakat.



This news does not have any tags yet.