IPC Target Container Throughput Mencapai 7.5 Juta TEUs 

Damas Jati - 30/01/2018, 09:22

PT Pelabuhan Indonesia II atau Pelindo II (IPC) menargetkan untuk menangani 7.5 juta TEUs container throughput pada tahun 2018, total dari semua terminal dan pelabuhan yang ada di bawah kelolanya. 


Hal tersebut dipaparkan Dirut PT Pelindo II Elvyn G Massasya dalam Rapat Kerja Tahunan di IPC Corporate University Ciawi, Bogor, 29-30 Januari.  


Dalam Raker tersebut, Pelindo II menetapkan targetnya pada 2018  dalam dua kategori besar yakni Kinerja Keuangan dan Kinerja Operasional.


Untuk Kinerja Keuangan, pendapatan usaha ditargetkan naik 17,6% dari tahun sebelumnya, laba usaha diharapkan naik 30,8% dari tahun sebelumnya, sementara EBITDA Margin ditargetkan tumbuh menjadi 37,04% dan BOPO diharapkan turun 1,6% dari tahun sebelumnya.


Untuk Kinerja Operasional throughput petikemas diharapkan naik menjadi 7,30 juta TEUs atau meningkat 5,5% dari tahun sebelumnya, throughput non petikemas naik menjadi 73,95 juta ton atau 29,6% dari tahun sebelumnya, utamanya untuk curah cair dan curah kering. Adapun kunjungan kapal diharapkan naik 1,13% dan penumpang kapal tercapai 511.700 orang.


“Saya minta IPC Group fokus pada tiga hal, yakni Volume Growth, Profitability Growth dan Holding Establishment. Dengan fokus pada tiga hal ini, saya percaya IPC bisa mencapai target perusahaan dan memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia,” ujar Elvyn.


Dalam Rakernas tersebut, manajemen sekaligus memperkenalkan anggota komisaris IPC yang baru, Agus H. Purnomo. Penambahan anggota komisaris ini sekaligus melengkapi formasi Dewan Komisaris IPC saat ini menjadi tujuh anggota. 



Toward Digital Port


Agenda rutin tahunan kali ini mengangkat tema Corporate Establishment towards Digital Port, diikuti seluruh cabang pelabuhan dan anak perusahaan di bawah tanggung jawab IPC dengan arahan dari jajaran direksi. 


Sekitar 175 top management IPC sebagai peserta Rakernas hadir untuk bersama-sama mengawal stabilitas dan target perusahaan pada tahun 2018.


Rakernas IPC merupakan media untuk menjembatani kebutuhan komunikasi internal antara direksi IPC, Dewan Komisaris, cabang pelabuhan, anak perusahaan, cucu perusahaan dan Serikat Pekerja dalam menyampaikan informasi rencana kerja dan perkembangan perusahaan.


Selain itu Rakernas diselenggarakan untuk mendengar arahan direksi IPC terkait program-program peningkatan tata kelola perusahaan, optimalisasi pendapatan dan biaya perusahaan.


Dalam pengarahannya dalam pembukaan Rakernas, Elvyn juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran manajemen atas tercapainya target kinerja keuangan, kinerja operasional dan KPI perusahaan apda 2017.


“Di tahun 2017, in terms of kinerja keuangan dan operasional IPC Group telah mencapai di atas RKAP. Di tahun 2018, IPC memasuki tahap Establishment yang artinya Pemantapan,” katanya.