Kuartal I 2018, JPPI Tuntaskan Perawatan Alat Bongkar Muat di 10 Cabang Pelabuhan

Wilam Chon - Jakarta, 13/06/2018, 11:54

*Bimo Widihatmoko, Direktur Utama JPPI

Sepanjang kuartal I atau dari Januari hingga April 2018, PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI) yang merupakan salah satu anak perusahaan Pelindo II berhasil melakukan perawatan alat bongkar muat di 10 cabang pelabuhan di lingkungan Pelindo II. Ke-10 cabang tersebut adalah Panjang, Pontianak, Teluk Bayur, Palembang, Tanjung Priok, Bengkulu, Cirebon, Banten, Jambi, dan Pangkal Balam.


“Dari perawatan yang kami lakukan, Availability alat rata-rata mencapai 95% dengan jumlah alat sebanyak 363 unit,” ungkap Direktur Utama JPPI, Bimo Widihatmoko, Senin (12/6)


Bimo  mengatakan pihaknya akan terus melakukan inovasi pengembangan usaha dengan memperluas market pengadaan jasa peralatan maupun perawatan alat bongkar muat baik untuk pelabuhan domestik maupun luar negeri.


“JPPI memang diarahkan untuk menjadi pemain global dalam penyediaan maupun perawatan alat bongkar muat di pelabuhan,” imbuhnya.


Dalam rangka mewujudkan target tersebut, JPPI terus meningkatkan kompetensi SDM agar kepercayaan mitra kerja dan pelanggan bisa terus meningkat. Kegiatan tersebut misalnya dalam bentuk pelatihan  Maintenance Awareness for Operation yang dilakukan Februari lalu.


Selain itu, JPPI juga mengimplementasikan Full Maintenance Contract (FMC). Program ini dalam bentuk perencanaan dan pelaksanaan pemeliharaan termasuk penyediaan/pengadaan tenaga kerja, consumable goods,parts dan peralatan pendukung yang diperlukan dilakukan sepenuhnya oleh Pelaksana Pekerjaan.


“Dengan pola FMC ini, diharapakan akan ada perbaikan di lapangan dengan tetap menjaga kualitas dan Service Level Agreement (SLA)  yang dipersyaratkan,”ungkap Bimo yang mengaku bersyukur tahun 2018 ini perusahaan yang dipimpinnya berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang Proundly Present Indonesia Best of Award 2018. Kedua penghargaan tersebut adalah Indonesia Excellent Quality Award serta Indonesia Education Quality Award.


Selain membangun kerja sama dengan cabang-cabang pelabuhan di lingkungan Pelindo II, JPPI juga berhasil menjalin kerja sama dengan anak-anak perusahaan Pelindo II lainnya antara lain dengan PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII) dalam bentuk Kerja Sama Pendanaan Proyek dan Investasi yang ditandatangani tanggal 26 Februari lalu. Selain itu kerja sama juga dilakukan dengan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) DKI Jakarta.


Kerja sama juga dilakukan dengan PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) dalam Bidang Pekerjaan dan Jasa Ketenagalistrikan di lingkungan Pelindo II, yang ditandatangani tanggal 2 Maret 2018 lalu. Kerja sama juga dilakukan PT Pendidikan Maritim Logistik Indonesia (PMLI)  dalam bentuk pendidikan dan latihan SDM bongkar muat.


This news does not have any tags yet.