SPPI II Harus Dorong Manajemen Perbaiki Penghasilan Pensiunan Pelindo II

Wilam Chon - Jakarta, 18/11/2018, 10:15

*Capt. Gerard Dungus

Peran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia II (SPPI II) ke depan diharapkan lebih nyata dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja termasuk ikut mendorong manajemen agar meningkatkan pendapatan bagi pekerja yang sudah pensiun.


Hal itu diungkapkan pekerja Pelindo II (anggota  SPPI. II) Capt. Gerard Dungus, menyambut  pemilihan pengurus Dewan Pimpinan Pusat SPPI II yang akan digelar, 26 November 2018.


Gerard mengatakan SPPI II selain berfungsi sebagai partner manajemen dalam melakukan tata kelola perusahaan (GCG) sekaligus membantu perusahaan dalam meningkatkan produktifitas dan keuntungan.


Setelah perusahaan meraih keuntungan, tugas SPPI II melakukan negosiasi dan merumuskan cara untuk  meningkatkan remunerasi bagi kesejahteraan pekerja dan keluarganya.


"Dan jangan lupa SPPI II ke depan ini  juga mesti mulai mendorong manajemen agar  meningkatkan penghasilan bagi karyawan yang sudah pensiun. Saya miris mendengar karyawan Pelindo II uang pensiunnya hanya Rp 1,5 juta per bulan," ujarnya.


Pendapatan uang pensiun ini harus diperbaiki. Misalnya dengan menyisihkan sebagian dari uang jasa produksi atau bonus untuk tambahan uang pensiun, kata Gerard.


Siapa pun terpilih memimpin DPP SPPI II periode mendatang mari kita wujudkan secara nyata Motto: Sejahtera Masa Berkarya dan  Bahagia Masa Purnabhakti," ujar Gerard.


Gerard yang sudah siap  meramaikan bursa pemilihan pengurus DPP SPPI II juga menyarankan kepada pantia agar memberi kesempatan kepada setiap anggota SP untuk ikut memilih dan sekaligus meninggalkan sistem perwakilan.


Caranya pemilihan DPP SPPI II dilakukan langsung di masing-masing cabang dengan memanfaatkan perangkat IT. Jadi setiap anggota ikut memilih Ketum SPPI II, sehingga merasa ikut bertanggungjawab, kata Gerard.


Pemilihan Presiden saja bisa langsung, masa memilih Ketum DPP SPPI masih pakai sistem perwakilan, tambahnya.


This news does not have any tags yet.