Aptrindo DKI Lakukan Pemutakhiran Data SIAB, Antisipasi Digitalisasi Logistik

- Jakarta, 11/03/2019, 09:39

*Mustajab Susilo Basuki, Ketua DPD Aptrindo DKI Jakarta

DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DKI Jakarta  sedang melakukan pemutakhiran  data portal  Sistem Informasi Angkutan Barang (SIAB)  untuk mengantisipasi pelaksanaan digitalisasi logistik ke depan.


"Mungkin nanti nama portal SIAB akan diganti menjadi E-Trucking," kata  Ketua DPD Aptrindo DkI Jakarta, Mustajab Susilo  Basuki  dalam percakapan dengan Indonesia Shipping Gazette, akhir pekan lalu.


Mustajab mengatakan  portal SIAB dibangun Aptrindo bekerjasama dengan PT Telkom beberapa waktu lalu. SIAB terdiri dari aplikasi data base yang berisi data pengusaha truk, pengemudi dan data kendaraan secara detail dan terverifikasi.


SIAB baru dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Priok. " Kita sudah memasang Radio Frequency Identification (RFID) reader di  gate  in mulai dari pintu 1, 8 , 9.", tambahnya.


Aptrindo menyadari   pelaksanaan digitalisasi logistik akan berhasil kalau semua  stakeholder bekerja bersama sama dalam satu ekosistem (terintegrasi).


Menurut Mustajab, kegiatan  trucking sebagai kegiatan terakhir dalam mata rantai distribusi logistik harus menjadi bagian  dari stakeholder dalam proses digitalisasi logistik.


Mustajab mengharapkan agar platform digitalisasi logistik yang digunakan
dikelola oleh lembaga independen.


This news does not have any tags yet.