Aptrindo Minta Pembatasan Jam Operasonal Truk di Tol Jakarta-Cikampek Dicabut

Aptrindo Minta Pembatasan Jam Operasonal Truk di Tol Jakarta-Cikampek Dicabut

*Gemilang Tarigan, Ketum DPP Aptrindo

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengusulkan  agar  pembatasan jam operasional truk pkl. 06.00 sampai  pkl. 09.00 di Tol Jakarta – Cikampek dicabut untuk mendorong kelancaran arus barang melalui jalan tersebut.

Usul  itu disampaikan Aptrindo dalam Rapat Pembahasan Pengaturan Angkutan Barang yang digelar Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) , Rabu kemarin (27/03/2019).

Ketum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan usai mengikuti rapat mengatakan  arus angkutan barang ekspor/impor termasuk domestik  perlu  dipercepat untuk mengantisipasi pembatasan operasional angkutan barang terkait dengan angkutan Lebaran sekitar Mei – Juni mendatang.

Tarigan mengatakan   eksportir produsen (pabrikan) mulai mengeluhkan hambatam terhadap kelancaran  angkutan barang di Tol Jakarta –  Cikampek. Mereka mengancam akan mengalihkan investasinya ke negara lain jika keluhan mereka tidak ditanggapi.

Bincang bincang dengan  Indonesia Shipping Gazette, Tarigan mengatakan untuk mengatasi kemacetan, Aptrindo juga mengusulkan agar pemberlakuan sistem ganjil-genap di Jakarta diperluas.

Dalam rapat  yang  juga dihadiri operator pelabuhan, PT Pelindo II, Aptrindo  minta   Pelindo II sebagai pengelola Pelabuhan Tanjung Priok   membuat standar pelayanan agar lamanya truk menunggu layanan (Time Round Truck-TRT) menjadi terukur dan tidak berlama lama di dalam pelabuhan, katanya.

Leave a Comment