Safari Ramadhan di IPC Jambi, Selain Program CSR, Direktur IPC Buka Puasa Bersama Stakeholders dan Mitra Kepelabuhanan

Keterangan photo (kiri) GM Kartiko dan Direktur Ogi menyerahkan Tanda CINTA kepada anak-anak Yayasan Teratai Jaya; (kanan) GM IPC Jambi Kartiko Yuwono dan Direktur IPC Ogi Rulino

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC Ogi Rulino, yang juga bertindak selaku Direktur Pembina Cabang Pelabuhan Jambi, didampingi VP Manajemen Risiko Eko Afrilianto mengadakan kunjungan kerja ke IPC Cabang Jambi (IPC Jambi).

Dalam kunjungannya, Direktur Ogi berkunjung ke lapangan di wilayah kerja IPC Jambi dan dilanjutkan dengan dialog kepada manajemen dan pekerja IPC Jambi.

Setelah itu, pada Jumat (24/5), Direktur Ogi menghadiri acara Safari Ramadhan yang diselenggarakan IPC Jambi di BW Luxury Hotel Jambi yang dihadiri sekitar 600 undangan.

Mengusung tema “Bersihkan Hati Sucikan Jiwa dan Tingkatkan CINTA untuk Menuju Keberkahan dan Kesejahteraan Bersama”, acara Safari Ramadhan sekaligus acara Buka Puasa Bersama menghadirkan anak yatim piatu dan relasi kerja, diantaranya : Kepala KSOP Talang Duku, Muara Sabak dan Kuala Tungkal, Kepala Kantor Bea dan Cukai Jambi, Kepala Balai Karantina Pertanian Provinsi Jambi, Pimpinan Instansi Pemerintah Daerah, Pimpinan Asosiasi Kepelabuhanan Jambi (APBMI, INSA, ISAA & ALFI/ ILFA), Komandan Korem 042 Garuda Putih, Mitra dan Pelanggan IPC Jambi, serta seluruh pekerja IPC Jambi dan Anak Perusahaan IPC Group yang berada di IPC Jambi.

Sebagai tuan rumah, General Manager IPC Jambi Kartiko Yuwono dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Safari Ramadhan adalah agenda rutin tahunan dari perusahaan, dimana dengan di selenggarakan acara ini dapat mempererat tali silaturahim antara perusahaan dengan mitra-mitra kerja dan juga seluruh stakeholder di bidang kepelabuhanan, khususnya di wilayah Provinsi Jambi.

Lanjut GM Kartiko: “Acara ini juga merupakan salah satu media kami dalam mengungkapkan rasa syukur kami atas semua capaian yang sudah kami dapatkan, di antaranya adalah:
1. Pelaksanaan bazar sembako murah sebanyak 4.521 paket yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muara Jambi
2. Pembagian 50 paket CINTA kepada Yayasan Teratai Jaya
3. Bantuan kepada Masjid dengan memberikan total 15 gulung karpet sholat serta rak sepatu untuk Masjid sekitar Muara Sabak dan Talang Duku
4. Pembagian takjil buka puasa selama bulan Ramadhan sebanyak 1.500 takjil di wilayah kerja IPC Jambi
5. Pembagian zakat sebesar Rp284.700.000 kepada 628 mustahiq di sekitar wilayah pelabuhan, pensiunan dan lokasi karyawan tinggal.”

Sementara itu dalam sambutannya, Direktur Ogi Rulino sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar IPC Jambi dan mengharapkan agar para pebisnis dapat memakai pelabuhan IPC Jambi, karena nantinya masyarakat sekitar ikut serta tumbuh perekomiannya.
“Pelabuhan adalah pintu gerbang ekspor-impor. Propinsi Jambi adalah produsen karet terbesar, begitu juga dengan ekspor batubara. Dan hasil kegitan ekspor adalah mendatangkan devisa,” kata Direktur Ogi.

Dia juga menceritakan dalam kunjungan kerjanya aktivitas pelabuhan sangat luar biasa. Terlihat dari kepadatan kendaraan-kendaraan angkutan barang yang mau keluar masuk pelabuhan.
“Tidak heran suatu saat nanti, Jambi tidak kalah dengan propinsi-propinsi yang bertetangga lainnya, bahkan bisa lebih maju. Contoh bisa dilihat juga dari, pelabuhan-pelabuhan sungai di Vietnam, bahkan di China, yang pelabuhan sungainya ada yang menghandle petikemas jutaan Teus,” Direktur Ogi menjelaskan.

Selain untuk bersilahturahmi dengan para stakeholders dan mitra kerja, tujuan lainnya adalah mengisi program acara Safari Ramadhan IPC Jambi.
“Tujuan saya datang kesini kurang lebih nya untuk bersyukur karena selama ini pencapaian IPC Jambi berkat bapak dan ibu semuanya”. Dan seperti apa yang sudah dikatakan oleh GM Jambi, salah satu ucapan syukur itu, kami memberikan santunan kepada adik-adik dari Yayasan Teratai Jaya sebanyak 50 paket. Apa yang kami sumbangkan semoga bisa menjadi kebaikan untuk semuanya,” Direktur Ogi mengucapkan.

Puncak acara Safari Ramadhan 1140 H/2019 M dimulai dengan buka puasa menikmati hidangan yang sudah disediakan, lalu diakhiri dengan Shalat Tarawih bersama sebagai perwujudan rasa syukur dan juga menjalankan perintah agama.

IPC, khususnya IPC Cabang Jambi merupakan asset penting bagi perekonomian nasional, khususnya di wilayah Jambi. Hal ini sejalan dengan tagline IPC – “Energizing Trade, Energizing Indonesia”.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu simpul atas perkembangan ekonomi wilayah Jambi tidak terlepas dari peran dan aktivitas IPC Cabang Jambi.

Karena itu, IPC Cabang Jambi ingin memberikan manfaat yang lebih besar lagi di masa-masa mendatang.
Tekad besar perusahaan, ke depan IPC Jambi ingin berperan sebagai trade facilitator, yang dapat memfasilitasi kegiatan-kegiatan perdagangan, baik di wilayah Jambi maupun lebih luas lagi pada skala nasional, regional dan internasional.

Leave a Comment