Jadi Agenda Rutin, Gathering Bersama Bentuk Sinergi Positif Antara Pengelola Pelabuhan dengan Asosiasi dan Media

Gambar kiri, (kiri-kanan): Wardoyo (GM Cabang Teluk Bayur), Suparjo (GM Cabang Tanjung Priok) menyerahkan cindera mata kepada Amasrul (Sekda Kota Padang), disaksikan oleh Mulyadi (Dirut PT MTI) (Sabtu, 06/07); Gambar kanan: Photo bersama di air terjun Lembah Anai (Jumat, 05/07).

Belum lama ini, Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/IPC Cabang Tanjung Priok dengan beberapa pelaku usaha dan media massa yang sering beraktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok mengadakan acara bersama “Media dan Asosiasi Gathering 2019” ke Propinsi Sumatera Barat.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 5 – 7 Juli (Jumat-Minggu) dengan tagline ‘Raun-Raun di Ranah Minang, Merajuik Asa Bersamo’ itu adalah salah satu usaha mempererat sinergi antara unsur Manajemen Pelabuhan, Asosiasi Logistik, dan Media Massa.

Selain itu juga untuk memperkenalkan langsung budaya dan destinasi wisata di Sumatera Barat, salah satu destiansi andalan pariwisata Indonesia.

Sebagai info, asosiasi yang mengikuti acara gathering – Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI), Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DKI Jakarta, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) DKI Jakarta, Indonesia National Shipowners Association (INSA) Jakarta Raya (Jaya), Indonesia Shipping Agency Association (ISAA), dan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DKI Jakarta. Sedangkan unsur media adalah dari Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami).

Di puncak rangkaian kegiatan acara, peserta gathering dijamu di rumah dinas Walikota Padang (Mahyeldi Ansharullah), yang diterima oleh perwakilannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul, pada Sabtu malam (6/7/2019).
Turut hadir GM IPC cabang Teluk Bayur, Wardoyo dan manajemen, serta unsur stakeholders asosiasi logistik cabang Kota Padang (DPW ALFI, INSA, APTRINDO, dan APBMI).

Dalam sambutannya,penggagas acara gathering bersama, Mulyadi Iskandar, mantan GM IPC cabang Tanjung Priok, yang kini bertugas sebagai Dirut PT. Multi Terminal Indonesia (MTI) mengatakan: “Kegiatan ‘Raun-Raun di Ranah Minang, Merajuik Asa Bersamo’ selama tiga hari, 5-7 Juli 2019, selain menjalin silaturahmi juga untuk memperkenalkan potensi yang ada di ranah Minang Sumatera Barat. Mulai dari berbagai macam kuliner, tarian, hingga tempat wisata, seperti Lembah Anai, keindahan alam Bukit Tinggi, Lubang Jepang, Istano Basa Paguruyung, dan Danau Singkarak.”

Sementara itu Suparjo GM IPC cabang Tanjung Priok mengatakan Acara “Media & Asosiasi Gathering 2019” selama 3 hari ini adalah salah satu upaya meningkatkan kinerja IPC cabang Pelabuhan Tanjung Priok. “Koreksi maupun masukan dari Media dan Asosiasi terkait di Pelabuhan Priok selama ini, sangat membantu dalam meningkatkan kinerja Pelabuhan”.
Lanjut Suparjo, program Gathering ini sangat bagus dan diharapkan menjadi agenda rutin. “Saya harap dari perjalanan ini ada evaluasi dan report untuk melihat apa yang mesti diperbaiki ke depan”.

Sebagai tuan rumah, Sekda Kota Padang Amasrul menyatakan Pemerintah Kota Padang secara terbuka ikut mengajak semua pihak dalam pengembangan investasi di sektor kepelabuhanan di wilayah tersebut. “Atas nama Pemerintah Kota Padang, kami mengundang dan merasa sangat senang jika para pengusaha mau mengembangkan investasi untuk kemajuan pelabuhan Teluk Bayur di Sumatera Barat”.

Di hari terakhir, Minggu 7 Juli, peserta gathering mengadakan kunjungan langsung ke Pelabuhan Teluk Bayur, yang dikelola IPC cabang Teluk Bayur. Disana peserta melihat langsung suasana pelabuhan, baik aktivitas bongkar muat kontainer, bentangan pipa-pipa tanki minyak kelapa sawit (CPO), dan infrastruktur lainnya untuk penyaluran komoditas ekspor, seperti semen dan batubara.

Leave a Comment