Dengan Digitalisasi, IPC Palembang Permudah Pelayanan Kustomer

Memasuki era baru pelabuhan, manajemen IPC Palembang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh pengguna jasa, diantaranya dengan melakukan program digitalisasi untuk seluruh sektor pelayanan, baik bidang operasional maupun bidang non-operasional, dengan tujuan untuk percepatan pelayanan untuk menekan logistic cost menjadi seefisien mungkin sekaligus mewujudkan superior good corporate governance (GCG).

Salah satu contoh program digitalisasi yang telah berjalan di Pelabuhan Boom Baru diantaraya adalah TPS Online, sistem auto tally, TOS-OPUS, auto gate system dan new billing system (NBS) yang sudah mulai diterapkan di Terminal Petikemas Palembang di Pelabuhan Boom Baru sejak tahun 2017 lalu.

Seluruh sistem layanan online tersebut merupakan solusi digital yang digunakan untuk memudahkan pertukaran data elektronik (PDE), kontainer antara sistem IPC di Terminal Peti Kemas dengan sistem Bea Cukai di pelabuhan guna mendukung dan mempercepat proses bongkat muat barang.

Lalu, dengan adanya transaksi digital diharapkan seluruh pencatatan kegiatan bongkar muat kontainer tidak perlu lagi menggunakan tenaga SDM melainkan otomatis terpantau melalui CCTV sehingga lebih update dan akurat.

Selain itu, pada tahun ini IPC Palembang telah meluncurkan sistem aplikasi e-service untuk mendukung kemudahan dan kelancaran pelayanan di terminal petikemas, yang dapat diakses melalui smartphone masing-masing yang terdiri dari beberapa fitur, antara lain yakni:
1. e-registration, berfungsi untuk registrasi online agar dapat melakukan permintaan layanan melalui web portal,
2. e-booking, berfungsi untuk melakukan pengajuan pelayanan jasa kepelauhanan secara online melalui web portal,
3. e-tracking, berfungsi untuk melakukan pelacakan posisi petikemas secara online melalui web portal, e-payment, berfungsi untuk melakukan pembayaran jasa kepelabuhanan secara online melalui web portal,
4. e-billing, berfungsi untuk melakukan pencetakan nota (e-invoice) jasa kepelabuhanan secara online melalui web portal,
5. e-care, berfungsi untuk mengajukan tiket permasalahan/keluhan ataupun penjelasan beberapa informasi tentang jasa kepelabuhanan secara online melalui web portal.

Aplikasi e-service ini sudah mulai Go Live di Pelabuhan Palembang sejak 16 Mei 2019.

Leave a Comment