Survei Reuters Tankan : Pabrikan Jepang Pesimis untuk Pertama Kalinya Sejak 2013

Pabrikan Jepang menunjukkan sikap pesimis terhadap prospek bisnis, kondisi ini merupakan pertama kalinya dalam lebih dari enam tahun terakhir. Sikap pesimis Jepang terjadi disaat kekhawatiran perlambatan ekonomi global semakin membesar di tengah meningkatnya perang dagang Cina-A.S, ungkap hasil survei Tankan bulanan yang dirilis Senin (19/08).

Kekhawatiran melemahnya permintaan global meningkat pekan lalu setelah indikator pasar obligasi yang dipantau ketat menunjukan peningkatan risiko resesi AS, dan data menunjukkan ekonomi Jerman dalam kontraksi, sementara kondisi perekonomian Cina memburuk.

Jajak pendapat bulanan, yang melacak survei triwulanan Tankan Bank of Japan (BOJ), mendapatkan suasana hati produsen turun dalam tiga bulan berturut-turut menjadi minus 4 pada Agustus dari bulan sebelumnya plus 3.

Tren itu merupakan sentimen terlemah sejak April 2013, ketika itu di level minus 4, penurunan dipicu rendahnya permintaan mesin listrik, logam, pengolah makanan dan peralatan transportasi.

Keyakinan di sektor jasa juga turun, ke plus 13 dari plus 25 pada Juli, karena penurunan besar pada grosir dan peritel.

Sementara indeks sentimen produsen Tankan Reuters terlihat berayun kembali ke plus 3 selama tiga bulan ke depan, indeks sektor jasa diperkirakan akan tetap tidak berubah pada plus 13 pada bulan November.”

 

Sumber:

  1. https://www.reuters.com/article/us-japan-economy-tankan/japan-manufacturers-turn-pessimistic-for-first-time-since-2013-reuters-tankan-idUSKCN1V80PT

Leave a Comment