Industri Logistik Memperkuat Bisnis e-Commerce di Pasar idEA

Industri logistik Indonesia mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), peningkatan bisnis logistik sangat dibantu oleh berkembangnya bisnis eCommerce.

Dilansir dari Industry.co.id, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan, Camelita Hartoto bahkan mengatakan bahwa bisnis logistik tanah air sedang dalam era kebangkitan industri dan diprediksi terus mengalami peningkatan pada tahun-tahun mendatang.

“Sejak 2018 Indonesia sedang mengalami era kebangkitan industri logistik. Kami prediksi bisnis logistik tanah air terus mengalami peningkatan pada tahun-tahun mendatang,” ungkap Carmelita Hartoto yang dilansir dari indotelko.com.

Penilaian tersebut didukung dengan data yang dikutip dari Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress Indonesia (Asperindo), tahun 2017, kapitalisasi jasa kurir saja sudah menyentuk angka Rp 50 triliun. Pertumbuhan bisnis industri logistik secara keseluruhan berkisar 10-15 persen per tahunnya.

Dengan besarnya angka tersebut, turut mendorong peringkat pada Indeks Performa Logistik (Logistics Performance Index atau LPI) yang dikeluarkan oleh Bank Dunia. Indonesia berhasil meraih peringkat ke-46 dengan skor 3.14 pada tahun 2018. Pada tahun sebelumnya hanya mampu meraih peringkat 63.

Kendati pertumbuhannya positif, dikutip dari Asosiasi eCommerce Indonesia (idEA), sebanyak 56 persen pengguna internet di Indonesia belum pernah melakukan transaksi belanja online atau belanja melalui marketplace. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu ongkos kirim yang lebih mahal dari produk, barang tidak sampai, dan jaminan keamanan serta kepastian barang tiba di lokasi.

Menanggapi hal tersebut, idEA berkolaborasi dengan Traya Eksibisi Internasional menyelanggarakan pameran eCommerce pertama di Indonesia yakni Pasar idEA pada tanggal 15-18 Agustus 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta.

“Industri logistik adalah tonggak bisnis eCommerce. Keberadaannya kini tak bisa dipisahkan dari gaya hidup dalam bertransaksi digital sehingga pnting bagi masyarakat untuk mengenalnya lebih dekat,” papar Ketua Umum idEA Ignatius Untung, dikutip dari Kumparan.com.

Pasar idEA menghadirkan perusahaan dari industri eCommerce, yaitu Tokopedia dan Blibli. Selain itu, turut diperkenalkan juga berbagai industrik logistik kepada masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Lion Parcel, Ninja Xpress, JNE, TIKI, J&T, Paxel dan Lalamove.

Referensi:

  1. Pasar ideA
  2. https://www.industry.co.id/read/54390/industri-logistik-perkuat-e-commerce-di-pasar-idea
  3. https://www.indotelko.com/read/1566165848/bisnis-logistik
  4. https://www.wartajakarta.com/industri-logistik-perkuat-bisnis-e-commerce-di-pasar-idea/
  5. https://kumparan.com/noval-kurniadi/industri-logistik-perkokoh-bisnis-e-commerce-di-pasar-idea-1rgjzTAX5qa

Leave a Comment