Pengusaha Truk Dumai Siap Wujudkan Konektivitas di Kawasan Asean

photo kiri: Sahar alias Aeng, Ketua DPC Aptrindo Dumai

Pengusaha truk angkutan barang di Dumai (Riau) siap beroperasi ke kawasan negara Asean menyusul rencana pengoperasian Kapal Roll On-Roll Off rute Dumai (Indonesia ) – Malaka (Malaysia) bulan Oktober 2020.

Hal itu diungkapkan Ketua DPC Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Dumai Sahar alias Aeng dalam wawancara dengan Indonesia Shipping Gazette via telepon, Selasa (10/9/2019) sore.

“Kami dapat informasi 19 September ini, Menhub Malaysia akan meninjau kesiapan Dermaga Pelabuhan Dumai Berseri untuk disandari Kapal Ro-Ro. Pelabuhan tersenut dioperasikan oleh Pemkot Dumai dan Pemprov Riau,” kata Aeng.

Seperti diketahui, Ro-Ro Dumai-Malaka merupakan komitmen mewujudkan konektivitas antar negara di Asia Tenggara, sebagaimana hasil pertemuan 3rd Task Force Malaka – Dumai Ro-Ro Ferry Operation Meeting yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, April 2019.

Terkait dengan standard operasi dan prosedur (SOP) customs, immigration, quarantine and security (CIQS), Indonesia dan Malaysia sepakat harus melaksanakan persyaratan CIQS yang selama ini diterapkan negara masing-masing. Kedua negara tidak akan merancang SOP atau peraturan baru dan hanya akan menyamakan SOP di pelabuhan masing-masing.

Aeng mengatakan pembukaan Ro Ro rute Dumai – Malaka diharapkan dapat menggairahkan operasional kendaraan angkutan barang di Indonesia.

“Kita siap mengantarkan barang lewat jalan darat ke berbagai kota di Malaysia dan kota lainnya di kawasan negara anggota Asean,” tambah Aeng.

Sebelumnya, diberitakan Kapal RoRo rute Dumai – Malaka ditargetkan mulai beroperasi 2020 setelah nota kesepahaman antara kedua negara ditandatangani pada akhir tahun ini.

Rencana baru itu dikemukakan oleh Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Umar Aris seusai melakukan kunjungan kerja sekaligus pengecekan kesiapan sarana dan prasarana pelabuhan di Dumai, Riau, beberapa waktu lalu.

Operasional Ro-Ro rute Dumai – Malaka ini akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, terutama sektor perdagangan dan pariwisata

Leave a Comment