Skip to content

KSOP Cirebon mengadakan Sosialisasi Pentingnya Keselamatan Pelayaran

  • by EkoN

Penyelenggaraan penyiaran informasi keselamatan pelayaran di Indonesia sangat penting untuk memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam aktivitas pelayaran mendapatkan dan melaporkan informasi yang akurat dan tepat waktu.

Dengan mengusung tema “Pedoman Penyelenggaraan Penyiaran Informasi Keselamatan Pelayaran/MSI” yang bertujuan sebagai acuan yang jelas dan komprehensif dalam meningkatkan keselamatan pelayaran di Indonesia, serta mendukung terciptanya lingkungan pelayaran yang lebih aman dan efisien dengan kerja sama yang di bangun sebaik mungkin oleh pelaku pelayaran di Pelabuhan Cirebon. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Cirebon Een Nuraini Saidah, Kamis (10/10)

Get Free Latest Magazine by Join Our Weekly Newsletter:Click here to join free weekly newsletter

“Keselamatan pelayaran merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab semua pihak baik regulator, operator dan juga para pengguna jasa transportasi laut. Untuk itu diperlukan komitmen bersama untuk menjadikan keselamatan sebagai budaya sehingga pemenuhan tentang keselamatan kapal dan peningkatan kompetensi SDM menjadi kebutuhan,” ujar Een.

Lebih lanjut Een mengatakan Melalui kegiatan Sosialisai Keselamatan Pelayaran inI diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya keselamatan pelayaran karena keselamatan pelayaran adalah tanggung jawab bersama.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh pihak mulai dari operator kapal, nelayan, pengguna jasa untuk memprioritaskan keselamatan saat berada di laut. Misalnya dimulai dari penggunaan life jacket dan tindakan pencegahan lainnya, untuk melindungi diri kita sendiri dan orang lain,” kata Een.

Een berharap pada kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran ini semua dapat saling bersinergi bersama-sama dalam menyiarkan informasi pelayaran guna mencegah dan menanggulangi insiden yang dapat mengganggu keselamatan dan keamanan pelayaran di Pelabuhan Cirebon.

“Untuk itu kita harus saling berkoordinasi dan bersinergi agar tercipta keselamatan dan keamanan pelayaran yang baik di lingkungan Pelabuhan Cirebon,” harap Een.

Disaat yang sama Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Rudy Juanto mengatakan tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah meningkatkan komunikasi antara regulator, operator , stekeholder dan pengguna jasa terhadap penyiaran informasi pelayaran guna mencegah dan menanggulangi insiden yang dapat mengganggu keselamatan pelayaran.

“Selain itu tujuan lainnya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai pentingnya menjaga keselamatan pelayaran demi terciptanya keselamatan di laut, mengurangi risiko kecelakaan, dan menciptakan lingkungan pelayaran yang lebih aman dan efisien di Indonesia,” ucap Rudy.

Join Telegram Group Shipping & Logistics:

Sebagai informasi kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh operator pelabuhan, perusahaan pelayaran dan penguna jasa lainnya dengan menampilkan narasumber Kasi KBPP KSOP Kelas II Cirebon Rudy Juanto dan Akademisi Maritim Suaka Bahari Cirebon Iing Mustain,