Skip to content

LapKeu Semester I-2024 IPCM Stabil, 85,5% Total Pendapatan Berasal dari Jasa Penundaan Kapal

Strategi PT Jasa Armada Indonesia Tbk (JAI / IDX:IPCM) untuk menggenjot sektor pendapatan dari bisnis di luar Pelindo Group terbukti sanggup menjaga kinerja keuangan Perseroan tetap stabil. IPCM mengumumkan Laporan Keuangan Semester I 2024 pada 26 Juli 2024 dan secara konsisten membukukan peningkatan pendapatan sebesar 5,5% menjadi Rp 598,8 miliar dari Rp567,6 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Kontribusi pendapatan terbesar Perseroan diperoleh dari jasa penundaan kapal sebesar Rp 512,2 miliar atau 85,5% dari total pendapatan. Sedangkan kontribusi jasa pengangkutan dan lainnya sebesar 8,1% atau Rp48,8 miliar.

Get Free Latest Magazine by Join Our Weekly Newsletter:Click here to join free weekly newsletter

Pendapatan jasa penundaan kapal khususnya pada Terminal Khusus (Tersus) mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu 27,7% atau senilai Rp183,2 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp143,5 miliar. Hal ini didukung peningkatan kinerja pada beberapa wilayah operasi eksisting maupun wilayah operasi baru di Indonesia bagian timur.

Pada Pelabuhan Umum juga mengalami peningkatan sebesar 14,7% menjadi Rp250,9 miliar dari sebelumnya sebesar Rp218,7 miliar YoY. Kemudian pada TUKS juga meningkat 9,6% menjadi Rp 115,8 miliar dari sebelumnya Rp105,6 miliar YoY.

Berdasarkan neraca keuangan kinerja IPCM menunjukkan kondisi yang sehat dengan peningkatan aset dari Rp 1,52 triliun atau sekitar 4,4% dari posisi akhir tahun 2023 menjadi Rp1,59 triliun pada semester pertama 2024 yang didukung kenaikan aset lancar perusahaan sebesar 10,8% dari Rp889,6 miliar pada akhir Desember 2023 menjadi Rp986,3 miliar pada akhir Juni tahun 2024 yang sejalan dengan pertumbuhan pendapatan.

Direktur Utama IPCM, Shanti Puruhita menyatakan, “Upaya kami dalam meningkatkan kinerja operasional dengan mitra strategis telah menunjukkan hasil yang sesuai dengan harapan. Ekspansi yang kami lakukan di wilayah Indonesia Timur juga telah memperlihatkan potensi pendapatan yang semakin baik dan meningkat.”

Rapat Umum Pemegang Saham tahunan (RUPST) yang diselenggarakan pada 12 Juni 2024 lalu, menyetujui penetapan penggunaan laba Perseroan tahun buku 2023 yang seluruhnya berjumlah Rp157,6 miliar dipergunakan sebagai dividen final sebesar Rp118 miliar (kurang lebih 75%) atau sebesar Rp22,41 per lembar saham. Hal ini menunjukkan apresiasi serta komitmen Perseroan kepada pemegang saham dan investor yang selalu memberikan dukungan kepada IPCM.

“IPCM masih berkomitmen kepada pemegang saham selain juga konsisten menjaga pertumbuhan Perseroan. Hal ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan harapan kepada para pemegang saham akan investasinya di saham IPCM,” ujar Shanti Puruhita.

Komitmen dan inisiatif IPCM mengedepankan prinsip ESG (Tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan) untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan serta mewujudkan nilai Sustainable Development Goals (SDGs) ditunjukkan pada aspek lingkungan dan pengembangan UMK.

Salah satunya melalui perolehan penghargaan kategori “Gold Champion” untuk program unggulan Penanaman Mangrove & Pengembangan UMK #TenunNyaman dari Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2024.

Join Telegram Group Shipping & Logistics:

Totalnya, ada 46 perusahaan yang mendapatkan penghargaan pada ajang CSR perusahaan ini. Hal ini tentunya menjadi semangat bagi Perseroan untuk terus konsisten dalam memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi lingkungan sekitar.