JAI/IPCM Tambah Empat Kapal Tunda

PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) segera menambah empat unit kapal tunda bertenaga 4.400 horse power (hp) untuk memandu kapal kapal ukuran besar di Pelabuhan Tanjung Priok.

Manager Operasi Wilayah Tanjung Priok, PT JAI, Capt. Gerard Dungus mengatakan ke depan akan semakin banyak kapal ukuran besar dengan panjang 400 meter masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok. “Ini harus kita layani dengan kapal tunda bertenaga besar,” katanya, kemarin sore.

Pengadaan empat unit kapal tunda tersebut sudah dalam proses lelang, ujar Gerard yang juga Koordinator Pelayanan Pemanduan di Pelabuhan Tanjung Priok itu.

Menurut dia, saat ini PT JAI memiliki 17 kapal tunda ditambah 3 kapal sewaan dengan tenaga antara 2.400 hp sampai 3.200 hp.

“Kita memerlukan kapal tunda bertenaga lebih besar untuk memandu kapal kapal besar seperti dalam waktu dekat akan masuk mother vessel  MV Cosco,” tambahnya.

Menjawab pertanyaan Gerard mengatakan pemanduan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok setiap hari antara 80 sampai 110 gerakan (ship moving) bisa juga disebut antara 80 unit sampai 110 unit  kapal.

JAI wilayah Tanjung Priok dilengkapi 42 petugas pandu. Sementara pembagian tugas untuk pemanduan dan penundaan kapal di luar wilyah Pelindo II diusahakan oleh JAI.

Gerard menjelaskan perawatan dan pengawakan semua kapal tunda dipercayakan kepada JAI. Sedangkan pemanduan dan penundaan semuanya di bawah satu komando Cabang Pelindo II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *