Kemenhub Segera Atur Lalulintas Alur Pelayaran Pelabuhan Tarakan

Kementrian Perhubuangan (Kemenhub) segera mengatur lalulintas alur pelayaran di Pelabuhan Tarakan, Kalimantan Utara baik alur masuk maupun alur keluar melalui monitor Vessel Traffic Service (VTS) Tarakan.

“Stasiun VTS Tarakan dapat memberikan layanan seperti informasi penyiaran berita meteorologi, kondisi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) di alur dan sekitar perairan pelabuhan setempat termasuk informasi kondisi lalu lintas kapal dan informasi lain yang dibutuhkan.

Hal itu ditegaskan Direktur Kenavigasian, Kemenhub, Basar Antonius Selasa (23/7/2019) saat menggelar sosialisasi di Tarakan, Kalimantan Utara.

Menurut Basar, implementasi operasional VTS Tarakan ini akan dituangkan dalam Standar Operational Prosedure (SOP) atau Standar dan Prosedur yang disusun oleh tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan meminta masukan dari pihak-pihak terkait untuk penyempurnaan SOP VTS Tarakan.

“Nantinya, setelah SOP tersebut sudah dibuat selanjutnya akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Laut,” kata Basar

Dalam hal ini, Basar meminta agar seluruh stakeholder dapat mendukung rencana pemberlakuan penetapan alur pelayaran pelabuhanTarakan dan juga penetapan SOP VTS Tarakan, untuk pemenuhan peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran.

Sebagai informasi, peserta sosialisasi terdiri dari seluruh Instansi Kementerian/ Lembaga dan stakeholder di wilayah kerja Tarakan.

Melalui acara sosialisasi ini pihak terkait dapat memberikan masukan terhadap draft Penetapan Alur Pelayaran Pelabuhan Tarakan berikut dengan SOP VTS Tarakan.

Sosialisasi terselenggara atas kerjasama dan dukungan dari Direktorat Kenavigasian, Kantor Distrik Navigasi Kelas III Tarakan dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Tarakan, serta seluruh instansi terkait di wilayah kerja Pelabuhan Tarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *