Dukung Percepatan Program Vaksinasi, Masyarakat Maritim Pelabuhan Tanjung Pandan Gelar Vaksinasi di Terminal Penumpang Laskar Pelangi

Para pelaku kemaritiman di Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung, mengadakan vaksinasi Covid 19 di Terminal Penumpang Laskar Pelangi selama 4 (empat) hari mulai 6 – 9 Juli 2021. Vaksinasi yang berlangsung mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB, merupakan kerjasama dan dukungan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Tg. Pandan, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjung Pandan, Kantor Kesyahbandaran & Otoritas Pelabuhan Kelas IV Tanjung Pandan, Pangkalan TNI AU H. AS Hanandjoeddin, Belitung, KPPP Tanjung Pandan, Pos Lanal Kepulauan Mendanau, Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Belitung, INSA Cab. Belitung, APBMI Cab. Belitung, serta mitrakerja/usaha dilingkungan Pelabuhan Tanjung Pandan.
Adapun vaksin yang disediakan adalah vaksin Sinovac untuk kebutuhan 200 orang/perhari yang diperuntukan bagi nahkoda/crew kapal, Tenaga Kerja Bongkar Muat, pengemudi/sopir truk, dan juga masyarakat umum di sekitar Pelabuhan.
Kegiatan ini merupakan bentuk semangat dan kepedulian dari Masyarakat Maritim Pelabuhan Tanjung Pandan untuk dapat selalu berbuat sesuatu untuk orang lain dan memberikan manfaat kepada masyarakat yakni:
Pertama, sepakat harus sama-sama membantu dan mendukung program pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini. Sekaligus bagian upaya percepatan program vaksinasi di Kabupaten Belitung.
Kedua, vaksinasi dilaksanakan guna memastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan para nahkoda/crew kapal, tenaga kerja bongkar muat dan masyarakat umum disekitar Pelabuhan, khususnya di sektor transportasi. Sebab data terbaru secara nasional menunjukkan bahwa kecenderungan penyerbaran dan penularan virus covid 19 menunjukkan peningkatan yang semakin mengkhawatirkan.
Maka sasaran adalah masyarakat umum, khususnya nahkoda/crew kapal dan tenaga kerja bongkar muat dan para pencari nafkah di pelabuhan. Kita dorong supaya vaksinasi bisa terus dilakukan, herd immunity tercipta, dan ekonomi kembali berjalan normal.
Untuk itu peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi bagi masyarakat umum yang rentan terhadap penularan Virus ini dan khusus bagi personil/pekerja nahkoda/crew kapal di dalam pelabuhan yang memiliki moblitas tinggi yang singgah dari pelabuhan ke pelabuhan, serta tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan yang turut membantu dalam pelayanan bongkar/muat dan distribusi barang dari dan ke kapal yang juga memiliki mobiltas tinggi di dalam pelabuhan.
Adapun persyaratan dalam vaksinasi ini meliputi usia minimal 18 Tahun keatas/Dewasa, wajib membawa KTP, dan tidak dalam kondisi sakit. Untuk peserta vaksin yang memiliki riwayat penyakit diabetes, hipertensi, stroke, jantung atau penyakit lainnya agar memeriksakan diri terlebih dahulu ke petugas dokter di Terminal Penumpang LaskarPelangi sebelum dilakukan vaksinasi. Setelah divaksin, peserta diberikan pemberitahuan melalui SMS dan sertifikat yang terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi.


Berdasarkan data, peserta yang sudah mendaftar sebanyak 406 orang yang terdiri dari Nahkoda/crew kapal dan tenaga kerja bongkar muat. Disamping itu juga telah disiapkan vaksin tambahan untuk 200 orang masyarakat umum sekitar pelabuhan yang ingin divaksinasi.
Pelaksanaan vaksinasi ini, disaksikan langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AU H. AS Hanandjoeddin, Letkol Nav Rudy Hartono, S.T., M.Han, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Pangkal Pinang, Dr. Bangun Cahyo Utomo, dan General Manager PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjung Pandan, Hambar Wiyadi, beserta unsur pimpinan jajaran komunitas masyarakat maritim dan para pengurus asosiasi mitra kerja/usaha di lingkungan Pelabuhan Tanjung Pandan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *