Fasilitas Baru Hub CKB Balikpapan, Pelaku Usaha Bisa Lebih Hemat Biaya dan Waktu

Perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABM), meresmikan fasilitas kantor dan pergudangan baru seluas 14,000m2 yang terletak di Jl. Somber RT 85, Muara Rapak, Balikpapan Utara. Hadirnya fasilitas kantor dan pergudangan baru ini sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong percepatan pemerataan dan pertumbuhan industri di seluruh wilayah Indonesia, demi mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Menurut Iman Sjafei, President Director PT Cipta Krida Bahari, perpindahan ke fasilitas baru ini merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam mendorong aktivitas industri di Kalimantan dan kawasan Indonesia Timur, sekaligus mendukung upaya Pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional di masa pandemi COVID-19. “Perpindahan fasilitas ini dilakukan untuk memberikan akses yang lebih strategis kepada para pelanggan dan pelaku usaha, karena dekat dengan Pelabuhan Semayang, dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad-Sepinggan, serta memiliki akses yang dekat ke dermaga pelabuhan (jetty port) Somber. Dengan akses prima yang berada di kawasan industri dan komersial ini tentu akan memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha dalam mengurangi biaya transportasi serta menghemat waktu,” jelas Iman.

Lokasi terbaru fasilitas kantor dan pergudangan ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu area gudang tertutup 4.970m2, area terbuka (open yard) 7.225m2, dan kantor 1.320m2. Didukung dengan sistem teknologi informasi dan komunikasi, serta pengawasan barang efektif yang difokuskan untuk mendukung para pelaku industri yang bergerak di sektor pertambangan dan minyak/gas di Kalimantan dan Timur Indonesia. Jenis barang yang disimpan dan dikelola di fasilitas pergudangan baru ini meliputi; alat berat pertambangan, spareparts, ban, besi baja dan hasil perkebunan.

Seluruh fasilitas ini sekaligus menjadi solusi transportasi dan logistik terpadu (Total Logistics Solutions) dengan fokus mendukung industri minyak & gas, pertambangan, konstruksi/infrastruktur, ban, besi dan baja serta hasil perkebunan. “Dengan adanya Hub Logistik baru ini, kami optimis tingkat efisiensi bagi para pelaku usaha akan semakin baik sehingga mengoptimalkan peluang ekonomi dan mendorong daya saing industri nasional”, tambah Iman.

Secara nasional CKB Group memiliki 5 (lima) pusat logistik berikat yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu di Jakarta (Cakung dan Marunda), Surabaya (Osowilangun dan Margomulyo), dan Balikpapan (Somber). CKB Group juga membawa layanan logistik ke suatu tingkat yang lebih tinggi menggunakan sistem logistik terpadu, meliputi layanan transportasi, pergudangan, jasa kepabeanan dengan sistem teknologi informasi dan komunikasi serta pengawasan barang yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *