Memperingati Hari Kartini, WiLAT Mempromosikan Peran Perempuan dalam Supply Chain, Logistik, dan Transportasi

Women in Logistics and Transport (WiLAT) berkolaborasi dengan Indonesia Women in Transport & Logistics (IWTL) merayakan Hari Kartini dengan menyelenggarakan webinar yang bertema “Gender Equality in Logistics and Transport Industry”.

Webinar yang digelar melalui Zoom Meetings pada hari Rabu (21/04) dengan menghadirkan pembicara international dan lokal seperti WiLAT GLobal Chairperson, Gayani De Alwis CMILT; WiLAT Global Vice Chairperson South East Asia, Ts. Zawiah Abdul Majid FCILT; WiLAT Indonesia Chairperson Juliana Sofhia Damu CMILT; Ketua Umum PPMTI/IMTA Siti Aryanti Adisoediro; dan CILT Indonesia President Iman Gandi, FCILT.

Diskusi ini dihelat dalam rangka mempromosikan peran perempuan dalam supply chain, logistik dan transportasi, dan menjadi wadah untuk membantu pengembangan karir, relasi dan jejaring.

Juliana menyebut Kartini telah membuktikan bahwa pendidikan sangat penting untuk membangun bangsa Indonesia yang sejahtera. “Kecerdasan bangsa tidak akan dapat maju bila pemikiran wanita tertinggal. Wanita adalah penggerak peradaban,” ungkap Juliana.

Pada sesi lain, Siti menyampaikan bahwa peran perempuan di sektor logistik saat ini masih di kisaran 5%. “Terlepas dari peningkatan jumlah perempuan yang luar biasa dalam dunia usaha, sektor transportasi dan logistik masih tetap menjadi sektor yg didominasi laki-laki,” ungkapnya.

Salah satu tantangan yang dihadapi perempuan, khususnya di sektor logistik dan transportasi adalah karena resistensi budaya bagi perempuan yang bekerja di luar rumah, terutama kepercayaan umum bahwa perempuan tidak secara fisik mampu untuk bekerja di sektor lapangan.

Solusi untuk meningkatkan peran perempuan di sektor logistik dan transportasi yaitu dengan berani bersuara, saling menginspirasi, memiliki keinginan yang kuat dalam industri ini, terus mengembangkan diri, dan memperluas jaringan serta konektivitas sebagai komunitas global dan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *