Skip to content

BUKTI KERJA KERAS PEMERINTAH TOL LAUT NAIK 3 KALI LIPAT

Jakarta – Dalam kurun waktu empat tahun, jumlah rute tol laut telah meningkat 3 (tiga) kali lipat. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono menjadi narasumber pada Conference of ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO) ke-37 bertempat di Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu (11/9).

“Setelah 4 tahun kami mengelaborasi program ini, kami menemukan bahwa program tol laut ini mengalami pertumbuhan. Sebagai contohnya, tingkat pelayanan mengalami peningkatan. Pada awal program ini dibuat, kami mengoperasikan sebanyak 6 rute dan sekarang sudah hampir menjadi 3 kali lipatnya,” pungkas Djoko.

Get Free Latest Magazine by Join Our Weekly Newsletter:Click here to join free weekly newsletter

Disampaikan Sesjen Djoko, program tol laut ini memberikan dampak pengurangan biaya logistik pada beberapa daerah dan juga mendorong perekonomian lokal untuk terus tumbuh.

“Hasil dari program ini adalah kami dapat mengurangi biaya logistik di beberapa daerah serta dapat mendorong perekonomian daerah untuk terus berkembang, dan juga mencapai kemajuan untuk membuat aktivitas baru,” ujarnya.

Dalam 5 (lima) tahun ke depan, Kementerian Perhubungan berencana untuk mengajak perusahaan pelayaran swasta untuk bekerjasama dalam program tol laut. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi program tol laut serta mengurangi disparitas harga yang ada di wilayah Indonesia bagian timur.

Join Telegram Group Shipping & Logistics: t.me/shippinglogistics

“Dalam 5 tahun ke depan, kita akan mengatur sistem investasi dengan mengalokasikan anggaran yang lebih bagi program tol laut ini. Sebagai contoh, kita akan melibatkan perusahaan pelayaran swasta untuk bekerjasama dalam program tol laut ini karena kapasitas dari PT PELNI sangat terbatas. Kami percaya dalam 5 tahun kedepan tol laut akan memberikan progres positif yang sangat signifikan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *