ESR IPC, Aksi Peduli Lingkungan di Sekitar Pelabuhan yang Melibatkan Warga

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC melalui wadah komunitas peduli lingkungan “Employee Social Responsibility” (ESR IPC) melakukan aksinya dengan melibatkan warga unutk melakukan bersih-bersih sampah di sekitar wilayah pelabuhan.

Kegiatan ini dilakukan secara menyeluruh di 12 Kantor Cabang IPC, dimulai dari IPC Cabang Cirebon.

“Di Cirebon, pegawai IPC yang peduli lingkungan atau disebut ESR IPC mengajak sekitar 300 warga yang tinggal di sekitar pelabuhan melakukan bersih-bersih sungai. Ini bagian dari kegiatan IPC Peduli, yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) IPC,” kata General Manager IPC Cabang Cirebon, Udin Mahmudin, Senin (11/11).

Udin menjelaskan, IPC menerapkan program Padat Karya Tunai, di mana warga sengaja dilibatkan dalam kegiatan untuk menjaga lingkungannya sendiri. Selain mendapatkan manfaat jangka panjang dengan bersihnya lingkungan, warga yang terlibat juga menerima manfaat jangka pendek program PKT, termasuk fasilitas dan peralatan untuk kebersihan di lingkungan mereka masing-masing.

“Secara keseluruhan di 12 Cabang Pelabuhan IPC, ada sekitar 3.600 warga yang terlibat,” jelas Udin.

Area yang dibersihkan memanjang sekitar 3 Kilometer di sekitar pelabuhan. Di area itu sekarang disiapkan tempat-tempat sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“ESR IPC juga berkolaborasi dengan tokoh muda wilayah setempat mengkampanyekan pola hidup sehat, dengan membiasakan membuang sampah di tempat sampah. ESR IPC punya pendekatan tersendiri dalam berkampanye, juga bersama-sama memanfaatkan media sosial,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *