Tour Ship Samudera Indonesia, Menjelajah Kapal Tanker MT Sinar Morotai

Di penghujung tahun 2019, perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia, PT Samudera Indonesia Tbk. (Samudera Indonesia) mengadakan media gathering pada Kamis pagi, 5 Desember, di Kantor Pusat Samudera Indonesia, Slipi Jakarta, yang menghadirkan Bani M. Mulia, salah satu direktur Samudera Indonesia.

Setelah acara itu, Samudera Indonesia mengundang awak media yang berjumlah sekitar 15 orang untuk mengikuti ship tour, mengunjungi kapal tanker MT (Motor Tanker) Sinar Morotai yang buang sauh berada di sekitar perairan Pelabuhan Merak Mas, Merak, Banten.

Dalam salah satu pernyataannya di acara media gathering, Bani menceritakan bahwa kapal-kapal Samudera Indonesia dinamai dengan nama pulau-pulau dan kota-kota di Indonesia. Pemberiaan nama kapal Sinar Morotai berhubungan dengan salah satu pulau di Maluku Utara, Pulau Morotai. “Seperti yang sudah diumumkan oleh Pemerintah, nantinya pulau ini akan dibangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), utamanya destinasi wisata. Selain menjadi wisata sejarah, Morotai juga memiliki keunggulan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang mempesona yang merupakan daya tarik wisata,” Bani menjelaskan.

Acara ship tour dimulai dengan perjalanan yang ditempuh sekitar 1,5 jam dengan bis. Sesampainya di Pelabuhan Merak Mas, awak media beserta staf pedamping Samudera Indonesia transit dengan diangkut kapal KPLP Coast Guard Banten menuju berlabuhnya kapal Sinar Morotai.

Sampai di kapal, acara dimulai dengan safety induction, welcome remarks dari pimpinan kapal, Capt. Syarief, tour highlights dari MC, makan siang, ship tour (engine room, deck, sampai bridge), dan berlayar singkat seputaran perairan. Ship tour MT Sinar Morotai, kapal berbendera Indonesia ini ditutup dengan foto bersama media dengan Captain dan crew kapal.

Sinar Morotai, kapal tanker jenis oil/chemical tanker, dikirim dari galangan kapal sekitar November 2017 bersamaan dengan hari jadi Samudera Indonesia ke-52 (Nopember 2016). Digunakan efektif mulai beroperasi pada Maret 2017 untuk berbagai jenis liquid mulai dari berbagai bahan kimia cair sampai palm crude oil. Kapal ini dibangun di galangan kapal Sasaki Shipbuilding Co. Ltd, Jepang, dan diluncurkan di Provinsi Hiroshima, Jepang.

Kapal tanker, yang tergolong small size ini harganya sekitar US$17 juta dan mempunyai kapasitas angkut sebesar 4.450 m3.

Informasi umum “MT Sinar Morotai”
IMO No.: 9786384
MMSI (Maritime Mobile Service Identities) : 525109001
Call sign: YBSL2
Flag: Indonesia
Capacity: 4450 cbm
LOA : 95.32 m
Beam: 16 m
Draft: 6 m
Depth : 7.2 m
Gross Ton (G/T): 2943 tons
Deadweight(dwt) : 3979 metric tons
Ship Yard : Sasaki Shipbuilding Co. Ltd, Jepang
Ship management company: Samudera Energi Tangguh PT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *