Akuisisi Perusahaan Logistik Setempat, CEVA Logistics Lebarkan Sayap Bisnis di Afrika

Perusahaan logistic global – CEVA Logistics – terus melebarkan sayap bisnisnya di Afrika dengan strategi mengakusisi saham mayoritas salah satu perusahaan logistic terkemuka di benua tersebut. Pada Senin 15 Juni, CEVA mengumumkan telah mengakuisi saham mayoritas AMI Worldwide.

AMI, yang dalam operasionalnya juga dikenal dengan nama Manica, merupakan salah satu perusahaan besar di benua tersebut. Dengan dukungan kurang lebih 1.000 karyawan dan 12 kantor cabang di negara-negra timur dan selatan Afrika, AMI merupakan salah satu market leader untuk bisnis logistic di benua tersebut.

Menyusul akuisisi tersebut, per 1 Juli nanti, semua kontrol managemen termasuk karyawan dan 12 kantor tersebut akan dikendalikan CEVA. Integrasi secara penuh diharapkan terlaksana pada bulan Desember nanti.

Hanya saja, berapa besar nilai dari transaksi akuisisi tersebut tidak dibuka ke publik.

Akusisi tersebut, akan memperkokoh bisnis CEVA di benua tersebut. Nantinya, CEVA akan memiliki 79 kantor operasional di 41 negara di Afrika, dengan total karyawan mencapai 1.300 orang. CEVA yang merupakan sayap bisnis perusahaan pelayaran Perancis CMA CGM pasca diakusisi beberapa tahun lalu, nantinya akan memiliki 19 gudang dengan total storage capacity mencapai 1,5 juta m2 serta didukung oleh 1.500 armada truk.

Beberapa unit bisnis CMA CGM termasuk sejumlah fasilitas inland service di Mali, Burkina Faso, dan Pantai Gading nantinya akan disatukan dalam managemen logistic CEVA. Menurut laporan CMA CGM, ketiga facilitas inland dan intermodal tersebut meng-handle sebanyak 70,000 TEUs containerized cargo pada tahun lalu (2019).

CEO CEVA Mathieu Freidberg mengungkapkan rasa optimisnya dengan langkah korporasi terhadap pengembangan bisnis di Afrika. Apalagi, ekonomi di benua tersebut sedang berkembang, kendati saat ini sedang terganggu karena adanya pandemi.

“Aktivitas bisnis dan ekonomi di Afrika sedang bertumbuh. Ini tentu menjadi prospek dan peluang yang bagus buat perusahaan logistic. Lebih dari itu, dengan memastikan kelancaran arus barang melalui aktivitas logistic dan supply chain yang mumpuni, kegiatan bisnis dan ekonomi juga akan semakin bertumbuh,” tegas Mathieu sebagaimana ditulis freightwaves.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *