Ini Dia, 10 Orang/Keluarga Terkaya dalam Industri Shipping & Logistik

Perdagangan lewat laut menjadi salah satu industri yang sangat menjanjikan. Jika ditotal dari berbagai aktivitas perdagangan baik pelayaran kontener, dry bulk, tanker, cruise, off shore maupun kegiatan kepelabuhanan sebagai pendukung kegiatan pelayaran, valuasi nilainya mencapai ratusan miliar dollar per tahun atau ribuan triliun jika di-rupiahkan.

Siapakah yang meraup doku terbesar dari industri tersebut? Berikut merupakan 10 orang/keluarga teratas yang meraup kue terbesar dari industry ini menurut Forbes. Kendati data ini merupakan data tahun 2017, namun diperkirakan posisinya masih sama mengingat geliat bisnis yang mereka lakukan dalam tiga tahun terakhir.

1. Li Ka Shing & Family (Hong Kong)

Total kekayaan Li Ka Shing & Family mencapai $31 miliar. Jika dengan kurs Rp 14 ribu per dollar, jumlah tersebut setara dengan Rp 434 triliun. Kekayaan Li Ka Shing berasal dari sejumlah perusahaan di bawah bendera Hutchison Wampoa Limited dan Hutchison Port Holdings yang mengoperasikan 52 terminal di 26 negara di seluruh dunia.

2. A.P. Møller-Maersk & Family (Denmark)

Nilai kekayaan A.P. Møller-Maersk & Family mencapai $21 miliar (Rp 294 triliun). Moeller-Maersk merupakan perusahaan konglomerasi global dengan bisnis dari pelayaran kontener, pelabuhan, logistik, dan oil & gas.

3. Iris Fontbona & Luksic Family (Chile)

Total kekayaan Iris Fontbona & Luksic Family mencapai $17.4 miliar (Rp243,6 triliun). Di samping dari bisnis transportasi laut, logistik, dan kepelabuhan, pundi-pundi kelurga ini juga berasal dari bisnis mereka di sektor tambang dan energi.

4.Robert Kuok (Malaysia)

Total kekayaan Robert Kuok mencapai $12,5 (Rp125 triliun), menjadikannya sebagai orang terkaya di Malaysia. Di samping dari bisnis pelayaran, pundi-pundi Kuok juga berasal dari bisnis pertambangan, perdagangan, real estate, dan hotel.

5. John Fredriksen (Siprus)

Nilai kekayaan John Fredriksen mencapai $11.5 miliar (Rp161 triliun). John Fredriksen kelahiran Norwegia, berpaspor Siprus dan saat ini menetap di London memiliki perusahaan pelayaran tanker minyak terbesar di dunia. John Fredriksen juga merupakan salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan pelayaran container Hapag-Lloyd.

6. Oetker Family (Jerman)

Nilai kekayaan keluarga Oetker mencapai $9,2 miliar (Rp128,8 triliun). Sebagian besar harta tersebut berasal dari perusahaan pelayaran Hamburg Süd dan ditopang oleh usahanya di sektor perbankan, hotel, dan asuransi.

7. Klaus-Michael Kuhne (Jerman)

Nilai kekayaan Klaus-Michael mencapai $9,0 miliar (Rp 126 triliun). Kekayaan ini sebagian besar berasal dari perusahaan logistik Kuehne & Nagel.

8. Gianluigi Aponte & Family (Swiss)

Nilai kekayaan Gianluigi Aponte mencapai $8.0 miliar (Rp 112 triliun). Gianluigi Aponte merupakan pemilik pelayaran MSC (Mediterranean Shipping Company), perusahaan pelayaran kontener terbesar ke-2 di dunia. Sebagian besar kekayaan keluarga ini berasal dari MSC.

9. Idan Ofer (Israel)

Total kekayaan Idan Ofer mencapai $6.5 miliar (Rp 91 triliun). Idan Ofer merupakan CEO Quantum Pacific Group dan pemegang saham terbesar dari Pacific Drilling, sebuah persahaan pengeboran yang tercatat di bursa saham New York.

10. Eyal Ofer (Israel)

Eyal Ofer (saudara kandung Idan) memiliki kekayaan sebesar $6 miliar (Rp 84 triliun). Eyal merupakan CEO Zodiac Maritime Agencies, sebuah perusahaan pelayaran dengan jumlah kapal sebanyak 130 kapal. Eyal juga merupakan pemegang saham pada Royal Caribbean Cruise dan OMNI Offshore Terminals.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *