Meningkat 4,2% Pada Januari-Mei, ASEAN Geser Eropa sebagai Mitra Utama Perdagangan China

China akan memperkuat kerja sama investasi dan perdagangan dengan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) menyusul meningkatnya nilai perdagangan negara tirai bambu tersebut dengan kawasan ASEAN.

Menurut laporan Kemetrian Perdagangan China, nila perdagangan China dengan negara-negara Asean dalam lima bulan pertama tahun ini (Januari-Mei, 2020) tercatat sebesar US$240 miliar, atau naik 4,2% dibanding periode yang sama tahun lalu. Saat ini, ASEAN telah menggeser Eropa sebagai mitra utama perdagangan China.

Pertumbuhan ini, menurut juru bicara Kementrian Perdagangan China Gao Feng menunjukkan keinginan besar China dalam menjaga stabilitas, keamanan, serta pengembangan industri dan kegiatan rantai pasok (supply chain) dengan negara-negara ASEAN.

China dan negara-negara ASEAN, kata Gao, memiliki perekonomian yang saling melengkapi. Kerja sama konomi kedua belah dalam berbagai bidang, menurut Gao, sangatlah saling menguntungkan.

“Kesepakatan China-ASEAN Free Trade Area juga telah mendorong kedua belah pihak untuk membuka pasar masing-masing, mempromosikan liberalisasi investasi dan perdagangan serta memastikan kelancaran rantai pasok (supply chain),” kata Gao sebagaimana ditulis China Daily.

Hal tersebut diamini wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen. “Saya yakin, RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership) akan terus berlanjut dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi,” kata Wang.

“Hal tersebut akan mengharmonisasikan berbagai peraturan perdagangan kawasan dan akan mendorong peningkatan kegiatan supply chain,” lanjutnya.

RCEP, menurutnya, akan mendorong integrasi ekonomi dan perdagangan regional melalu pengahapusan kurang lebih 90% tariff perdagangan barang antara kedua kawasan tersebut. Lebih jauh, RCEP tidak hanya mendorong peningkatan ekonomi global, tetapi lebih dari itu. RCEP akan berkontribusi signifikan terhadap system perdagangan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *