Pelabuhan Rotterdam Tetap Buka 24/7 dengan Pengawasan Ketat dan Rutin

Foto: CEO Pelabuhan Rotterdam Allard Casetelein

Otoritas Pelabuhan Rotterdam, Belanda, menegaskan pelabuhan tersebut tetap buka secara normal, 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu (24/7), kendati aktivitas ekonomi dan masyarakat di negara tersebut terganggu dengan merebaknya coronavirus (covid-19).

Pelabuhan Roterdam merupakan pelabuhan terbesar di Belanda, bahkan di Eropa, dengan kontribusi sebesar 6% terhadap GDP Belanda dan mampu menyerap 385.000 pekerja.

CEO Pelabuhan Rotterdam Allard Casetelein menegaskan peran penting pelabuhan tersebut terhadap distribusi barang baik bagi konsumen dan produsen di Belanda maupun Eropa secara keseluruhan.

“Shippers (pemilik barang), perusahaan pelayaran, industri manufaktur, konsumen dan singkatnya, semua orang mengandalkan Rotterdam. Sebagai bagian dari pelabuhan ini, saya bangga bahwa pelabuhan ini serta industry terkait di dalamnya telah menunjukkan tanggun jawanya terhadap ekonomi masyarakat,” jelas Castelein.

“Setiap orang tentu memiliki kontribusi. Ada yang berperan sebagai pemandu kapal, ada crew kapal, ada operator bunker, ada yang mengurus kargo nya, ada master pelabuhan yang terus menerus mengawasi keamanan dan ketertiban di perairan. Dan kami di sisi pelabuhan tetap bekerja non-stop, 24/7,” lanjutnya.

Otoritas Pelabuhan Rotterdam serta pihak terkait lainnya dalam rantai pasok logistik terus melakukan langkah-langkah penting untuk mengatasi wabah coronavirus. “Kesehatan adalah prioritas utama di Pelabuhan Rotterdam. Pada saat yang sama, juga berusaha untuk meminimalkan dampak Covid-19 pada fungsi pelabuhan Rotterdam dan industry,” jelas Castelein.

Dia juga menjelaskan bahwa Pelabuhan Rotterdam tak henti-hentinya melakukan konsultasi dengan berbagai penyedia layanan laut, perusahaan, serta pemangku kepentingan lainnya, baik secara bilateral maupun dalam berbagai struktur konsultasi. Ada juga diskusi yang sangat rutin dengan otoritas publik, baik lokal maupun nasional, dengan tujuan untuk memastikan bahwa pelabuhan terus beroperasi sebaik mungkin dalam kondisi sulit saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *