Wärtsilä Luncurkan Sistem Pengoperasian Kapal Tunda Secara Otomatis di PSA

PSA Marine dan group perusahaan teknologi Wärtsilä telah menyelesaikan uji coba laut pertama mereka untuk proyek “IntelliTug” yang merupakan system kerja secara autonomous/otonom dalam pengoperasian kapal tunda. PSA Polaris, kapal tug pelabuhan yang dioperasikan oleh PSA Marine, telah dilengkapi dengan teknologi navigasi otomatis Wärtsilä, termasuk radar resolusi tinggi near-field.

Percobaan tersebut dimulai di Singapura sejak September lalu. Mereka memverifikasi kemampuan mandiri kapal tunda untuk menghindari berbagai kendala, termasuk kapal yang bergerak secara virtual dan real-time.

Sistem smart navigation terbaru digunakan untuk memilih tujuan untuk ratusan kasus uji coba yang dilakukan. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melihat rute yang direncanakan, dengan menghindari tabrakan, secara real-time. Sistem navigasi pintar juga mengirimkan perintah jalur dan kecepatan ke sistem DP, yang menggerakkan kapal di sepanjang rute dengan aman dengan kecepatan bervariasi hingga 10 knot. Manuver ini diharapkan untuk mengikuti perilaku yang ditetapkan dan memenuhi kriteria keberhasilan untuk mencapai tujuan.

Tug Masters dari PSA Marine dapat menentukan apakah tes tersebut aman untuk dilanjutkan, dan mereka memiliki kontrol penuh untuk membatalkan pengujian kapan saja jika diperlukan.

“Wärtsilä telah mengambil pendekatan yang teliti terhadap uji coba laut, pertama untuk membuktikan keamanan mendasar dan kemampuan akurasi sistem, dan kemudian beralih ke perencanaan jalur bebas hambatan yang real-time.” kata Thomas Brightwell, Manajer Perangkat Lunak SACA untuk Wärtsilä.

Wärtsilä dan PSA Marine berencana untuk melanjutkan pekerjaan pengembangan pada IntelliTug dan sistemnya sepanjang tahun 2020, dengan tujuan untuk mencapai penyebaran kemampuan cerdas yang berkelanjutan dalam operasi kehidupan nyata. Tujuan utamanya adalah untuk menerapkan sistem yang melengkapi dan meningkatkan kemampuan dan pengalaman para master kapal tug.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *