LV Logistics Berhasil Mengirimkan Muatan Kargo Utuh Terbesar dan Terberat

PT LV Logistics Indonesia berhasil melakukan pengiriman kargo utuh berupa generator dengan berat mencapai 1.400 ton pada pertengahan Agustus ini.  Muatan kargo generator dengan panjang 40 meter, lebar 17 meter dan tinggi 16 meter ini dikirim dari Ulsan, Korea Selatan ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia untuk proyek refinery development master plan (RDMP) Pertamina Balikpapan.

LV Logistics Indonesia menyelesaikan seluruh tahapan pekerjaan mulai proses engineering, persiapan dokumen dan formalitas, handling dan load out tiga unit super heavy cargo yang semuanya memiliki berat di atas 1.000 ton. Ini juga termasuk seluruh aksesoris dari Mother Vessel ke jetty RDMP, dan dilanjutkan dengan delivery ke laydown area dalam waktu lima hari.

“Dengan transport engineering yang teliti, kesiapan alat-alat kerja yang canggih, koordinasi dengan semua stakeholders, serta dukungan seluruh anggota kru PT LV Logistics Indonesia yang melibatkan kru Balikpapan, Surabaya dan Jakarta untuk turut serta, bekerja giat, menunjukkan integritas dan harmonisasi tim serta profesionalitas,” ujar Direktur LV Logistics Indonesia Tito Budisusanto melalui keterangan tertulis, Jumat (20/8/2021).

Hingga saat ini menurutnya, berat dan dimensi kargo angkutan tersebut merupakan ukuran terbesar dan terberat yang pernah masuk ke Indonesia. Sebelumnya beberapa perusahaan jasa pengangkut belum pernah mengantarkan muatan seberat itu baik yang terkait proyek infrastruktur maupun tambang atau energi. Kargo tersebut merupakan barang bernilai tinggi yang menjadi bagian proyek RDMP Pertamina senilai 6,5 miliar dollar AS tersebut.

Muatan kargo generator ini akan meningkatkan kapasitas produksi kilang minyak di proyek RDMP Pertamina Balikpapan dari 260 ribu barel menjadi 360 ribu barel per hari. Dalam pelaksanaan tersebut, terlibat perusahaan-perusahaan engineering dan konstruksi kelas dunia lainnya yaitu Hyundai Engineering Co. Ltd., SK Engineering & Construction Co. Ltd., PT Rekayasa Industri dan PT PP (Persero) Tbk.

“Banyak perusahaan pendukung yang diawaki tenaga-tenaga berpengalaman dan terlatih membantu keempat anggota joint operation di atas mewujudkan hajatan besar ini. PT LV Logistics Indonesia menjadi salah satu mitra terpercaya raksasa-raksasa konstruksi dan energi dunia dalam realisasi proyek pembangunan,” tambah Tito.

“Capaian tersebut tidak lepas dari etos kerja para ujung tombak perusahaan yang bekerja secara professional dengan kualitas kerja dan team work yang luar biasa,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *