Skip to content

Saham MPX Logistics International Resmi Diperdagangkan di Bursa Per 9 Mei 2023

PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) mencatatkan (listing) perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (9/5/2023).

Pada perdagangan sesi I perdananya di pasar sekunder, saham MPXL dibuka terbang 34,26% membentur batas auto reject atas (ARA) ke Rp 145. Posisinya masih bertahan selama dipantau di 10 menit awal sesi pertama.

Get Free Latest Magazine by Join Our Weekly Newsletter:Click here to join free weekly newsletter

Perseroan mencatatkan sebanyak 2 miliar saham di BEI, yang terdiri 1,6 miliar saham pendiri dan juga 400 juta saham hasil penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

Sebelumnya, perseroan mematok harga IPO Rp 108 per saham sehinga dana yang diraih dari aksi ini Rp 43,2 miliar. Masa penawaran umumnya berlangsung pada 3-5 Mei 2023. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah Panin Sekuritas.

Perseroan juga menerbitkan 80 juta waran seri I secara gratis bagi pemegang saham baru. Setiap pemegang 5 saham baru dapat 1 waran seri I di mana setiap satu waran dapat ditebus dengan 1 saham. Harga pelaksanaannya Rp 368. Total hasil pelaksanaan waran seri I sebanyak-banyaknya Rp 29,44 miliar.

“Melalui IPO ini kami ingin selalu memberi dampak positif, kami ingin secara konsisten mendukung berjalannya infrastruktur nasional yang semakin agresif berkembang,” kata Direktur Utama PT MPX Logistics International Tbk Wijaya Candera dalam seremoni listing MPXL di Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Wijaya menyebut, IPO ini menjadi momen penting bagi perseroan yang telah bertransformasi dari bisnis keluarga menjadi perusahaan publik.

“Kini, perseroan memiliki akses keuangan dan jejaring bisnis yang terbuka lebar, sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan peluang pasar yang bertumbuh cepat khususnya untuk melengkapi kebutuhan pelaku usaha dan masyarakat agar lebih efektif dan efisien,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Wijaya mengapresiasi andil seluruh pihak dalam proses pencatatan saham perdana perseroan di Bursa.

Dia menjelaskan, tujuan perusahaan go public adalah dengan membuka akses ke pasar modal lebih luas lagi sehingga dapat memiliki banyak sekali fasilitas untuk mengembangkan usaha lebih pesat lagi.

“Visi kami adalah perusahaan yang menyediakan transportasi dan logistik berskala nasional dengan taraf internasional. Di samping itu, tujuan kami go public adalah mencapai transparansi, efisiensi serta akuntabilitas dalam setiap kegiatan operasional perusahaan,” kata dia.

PT MPX Logistics International Tbk juga siap mendukung masyarakat dan pemerintah yang membutuhkan pelayanan transportasi dan material dalam rangka pembangunan infrastruktur Indonesia Maju 2045.

Join Telegram Group Shipping & Logistics: t.me/shippinglogistics

“Go publik bagi MPXL bukanlah akhir dari cita-cita melainkan awal dari suatu untuk dapat terus bertumbuh dan memberikan kontribusi bagi seluruh pemangku kepentingan perseroan,” tutup dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *