Perombakan Struktur Dewan Komisaris Pelni Dilakukan Hari Ini

Jakarta – Kementerian BUMN RI baru saja merombak susunan Dewan Komisaris PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero). Posisi Bambang Prihartono selaku Komisaris Utama PT PELNI digantikan oleh Ali Masykur Musa berdasarkan surat Kementerian BUMN Nomor: S-164/D7.MBU.4/10/2019 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia.

Bertempat di Kantor Kementerian BUMN, Salinan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Wakil Pemerintah Sebagai Pemilik Modal Perusahaan Perseroan PT PELNI (Persero) ini diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Usaha Enegi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa posisi Bambang Prihartono digantikan oleh Ali Masykur Musa. Bambang Prihartono sendiri saat ini masih menjabat sebagai Kepala BPJT di Kementerian Perhubungan, sementara Ali Masykur Musa bergabung sebagai anggota Komisaris PT PELNI terhitung 24 Mei 2019.

Serah terima jabatan ini dihadiri oleh Asisten Deputi Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan II Kementerian BUMN, Indriani Widiastuti dan Dewan Direksi PELNI; Insan Purwarisya L. Tobing – Direktur Utama, Ganefi – Direktur SDM dan Umum, Tri Andayani – Direktur Keuangan, O.M. Sodikin – Direktur Usaha Angkutan Penumpang, Harry Boediarto – Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut.

Bersamaan dengan penggantian Komisaris Utama, Kementerian BUMN juga menggantikan Komisaris Sudarto yang habis masa jabatannya dengan menambahkan tiga sosok baru dalam jajaran Dewan Komisaris PT PELNI. Ketiga nama tersebut adalah Wahyu Adji Henpriarsono, Loto Srinita Ginting, dan Haryo Indratno.

Wahyu Adjie merupakan Kepala Biro Hukum Kementerian Perhubungan RI. Haryo Indratno adalah Kepala Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata di Kementerian BUMN. Loto Srinita Ginting sendiri adalah Direktur Surat Utang Negara di Kementerian Keuangan RI.

Adapun susunan Dewan Komisaris PT PELNI yang lama adalah sebagai berikut :
Komisaris Utama: Bambang Prihartono
Anggota:
– Sudarto
– Ali Masykur Musa
– J. Widodo Hario Mumpuni
– Danang Parikesit

Berikut susunan Dewan Komisaris PT PELNI yang baru adalah sebagai berikut :
Komisaris Utama: Ali Masykur Musa
Anggota:
– J. Widodo Hario Mumpuni
– Danang Parikesit
– Wahyu Adji Henpriarsono
– Loto Srinita Ginting
– Haryo Indratno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *