Bantu Kurangi Biaya Penumpukan Customer, MSC Luncurkan Program ‘Suspension of Transit’

MSC (Mediterranean Shipping Co) terus berupaya untuk mengurangi beban biaya customer-nya selama merebaknya covid-19 dengan menawarkan program ‘suspension of transit’. Program ini akan membantu customer atau pemilik barang untuk melakukan penumpukan container di sejumlah Pelabuhan transhipment (hub) baik di Asia, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika untuk menghindari biaya penumpukan yang tinggi di sejumlah Pelabuhan tujuan.

“Program ini merupakan upaya MSC untuk menjamin kontinuitas bisnis para customer serta untuk menjaga agar distribusi barang pokok seperti makanan, obat-obatan, dan alat-alat kesehatan tetap berjalan.

Kendati sudah ada tanda-tanda recovery dengan mulai berangsur operasinya sejumlah pabrik di China, namun sejumlah pelabuhan tujuan, menurut MSC, belum siap untuk melakukan aktivitas bongkar kontener. MSC memberi solusi dengan membantu customer untuk melakukan penumpukan di sejumlah pelabuhan hub melalui program ‘suspension of transit’ tersebut.

Program ini juga bertujuan untuk menjamin kontinuitas persediaan baik barang jadi maupun bahan baku sesuai dengan permintaan negara-negara tujuan. Dengan program ini MSC akan membantu menyediakan lapangan penumpukan di sejumlah pelabuhan hub di sejumlah negara, termasuk Bremerhaven di Jeman, Busan di Korea Selatan, King Abdullah di Saudi Arabia, Lome di Togo, Rodman PSA Panama International Terminal di Panama, dan Pelabuhan Tekirdag Asyaport di Turki.

Langkah ini merupakan upaya MSC untuk membantu customer mengurangi biaya-biaya jasa pergudangan, demurrage, ataupun biaya-biaya harian lainnya.

“Hal ini juga tentu untuk membantu agar tidak terjadi kepadatan penumpukan kargo sekitar pabrik, menempatkan kargo tersebut sedekat mungkin dengan market tujuan, serta mengurangi potensi kongesti di Pelabuhan tujuan,” kata MSC dalam pernyataan resminya sebagaimana dikutip Lloyd’s List.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *