INSA Dukung Peluncuran IMIC oleh Bakamla

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dalam acara peluncuran IMIC yang dihadiri para stakeholders, termasuk INSA di Aula Mabes Bakamla, Jakarta (22/07)

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), pada Rabu (22/07/2020) melaksanakan peluncuran Indonesian Maritime Information Center (IMIC), di Aula Mabes Bakamla, Jakarta.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI AL Aan Kurnia dalam sambutannya mengatakan: “Semoga dengan diresmikannya IMIC ini dapat memberikan kontribusi maksimal dalam pengamanan wilayah perairan dan yuridiksi Indonesia. Hal ini juga untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, yang tidak hanya bermanfaat bagi pengguna jasa laut dari Indonesia tetapi juga dari mancanegara.”

Laksdya TNI AL Aan menjelaskan IMIC memiliki misi untuk membangun kapasitas dan kapabilitas sistem monitoring, mengintegrasikan sistem monitoring nasional di antara 13 Kementerian dan Lembaga, dan menjalin kerja sama pertukaran informasi dengan badan atau lembaga informasi maritim regional dan global.

“Pada prakteknya IMIC akan memberdayakan kapal-kapal atau aset yang ada di Bakamla, kemudian juga aset yang ada di 13 Kementerian dan Lembaga ini,” kata Aan.

Sehubungan dengan itu Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) melalui Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat  (DPP INSA) Carmelita Hartoto dalam videonya mengucapkan selamat atas terbentuknya IMIC oleh Bakamla RI.

“INSA mengharapkan Indonesian Maritime Information Center atau IMIC ini dapat memberikan dampak positif bagi industri pelayaran nasional, khususnya dalam meningkatkan daya saing. Sehingga sektor laut nasional dapat benar-benar dioptimalkan agar dapat berkontribusi lebih besar bagi perkembangan ekonomi nasional di masa depan,” kata Ketua DPP INSA, Carmelita.

Hadir dalam acara peluncuran IMIC yang diinisiasi Bakamla RI, pengurus DPP INSA yang diwakili Sekretaris I Capt. Otto K.M Caloh (photo di posisi kiri) dan Anggota Bidang Pariwisata Reyzal D. Yusman (photo di posisi kanan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *