Kapal Terbesar 24,000 TEU HMM Algeciras Mulai Menjelajahi Eropa

Kapal kontener terbesar di dunia, HMM Algeciras, baru saja berlabuh di Pelabuhan Rotterdam Belanda. Kapal berkapasitas 24.000 TEU tersebut tercatat sebagai kapal terbesar perdana yang berlabuh di Eropa.

Kapal milik perusahaan pelayaran Korea Selatan Hyundai Merchant Marine (HMM) tersebut berlabuh di Rotterdam setelah melakukan perjalanan dari Pelabuhan Yantian China dan selanjutnya akan berlabuh di Pelabuhan Hamburg pada pagi hari Sabtu, 6 Juni.

HMM Algeciras beroperasi pada string Far East Europe 4 (FE4) yang dijalankan THE Alliances dengan rute Qingdao – Busan – Ningbo – Shanghai – Yantian – Rotterdam – Hamburg – Antwerp – London dan baliknya melewati Terusan Suez dan Singapura.

HMM Algeciras merupakan kapal perdana kelas 24.000 TEU yang beroperasi setelah selesai dibangun pada Bulan April di galangan Daewoo Shipbuilding and Engineering (DSME). Dengan kapasitas 23,964 TEU, panjang 399,9 meter dan lebar 61 meter, HMM Algeciras merupakan kapal terbesar saat ini yang dalam operasi.

HMM Algeciras merupakan salah satu dari 12 paket kapal 24,000 TEU yang di-order HMM dari tiga galangan besar Korea Selatan yakni DSME, Samsung Heavy Industries (SHI), dan Hyundai Heavy Industries (HHI), pada September 2018.

Saat ini Hyundai Merchant Marine beroperasi dengan nama dan brand baru yakni HMM, dan merupakan perusahaan pelayaran terbesar ke-9 di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *