OOCL Investasi USD 778,4 juta untuk Bangun Lima Kapal 23.000 TEUs

Perusahaan pelayaran asal Hong Kong, Orient Overseas Container Line Limited (OOCL) baru saja memesan lima kapal kontener super besar – ultra large container vessels (ULCVs) – berkapasitas 23.000 TEUS dari galangan kapal COSCO di China dengan nilai investasi sebesar USD 778,4 juta dollar atau Rp 10,8 triliun dengan kurs Rp14,000/dollar.

Kesepkatan antara kedua persuahaan tersebut dilakukan pada Selasa, 10 Maret 2020, demikian disampaikan dalam siaran pers yang dikeluarakan Orient Overseas International Limited (OOIL) yang merupakan perusahaan induk dari OOCL.

Tiga dari kapal tersebut akan dibangun di galangan Nantong COSCO KHI Ship Engineering (NACKS) dan dua lainnya di galangan Dalian COSCO KHI Ship Engineering (DACKS).

Pembangunan kapal-kapal tersebut berlangsung selama tiga tahun dan diharapkan akan di-deliver pada triwulan pertama hingga awal triwulan ke-4 pada tahun 2023.

OOIL menjelaskan pihak bank yang mendanai proyek tersebut akan disiapkan untuk melakukan transaksi pembayaran. Perusahaan berharap 60% dari nilai masing-masing kapalnya akan diselsaikan dalam waktu dekat.

“Dengan pengadaan kapal-kapal super besar tersebut, OOCL akan menjadi menjadi salah satu leader dalam industri pelayaran,” kata OOIL, sembari menambahkan, kapal-kapal besar tersebut akan berdampak signifikan baik terhadap peningkatan market share OOCL maupun dalam mencapai biaya yang lebih competitif.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, pada tahun 2018, COSCO Shipping Holdings mengakusisi sebagian besar saham OOCL yang menjadikan perusahaan China tersebut sebagai pemegang saham mayoritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *