Pelabuhan-pelabuhan Italia tetap Beroperasi Penuh, kecuali untuk Kapal Pesiar

Kendati menjadi negara dengan tingkat kematian paling tinggi karena pandemi coronavirus, pelabuhan-pelabuhan di Italia tetap beroperasi secara normal, kecuali untuk untuk kedatangan kapal-kapal pesiar.

Demikian dijelaskan BIMCO setelah mendapat surat klarifikasi resmi dari Asosiasi Pelabuhan Italia. Namun, sesuai dengan klarifikasi tersebut, operasional pelabuhan dilakukan dengan langkah-langkah yang memadai.

“Oleh karena itu, pelabuhan beroperasi penuh dengan semua layanan reguler yang diberikan. Semua layanan dari perkantoran seperti otoritas pelabuhan, kepabeanan, syahbandar, kantor kesehatan pelabuhan dan sebagainya tetap berjalan normal.”

Asosiasi mengatakan bahwa pembatasan yang diberlakukan oleh Pemerintah Italia hanya mengacu pada sektor pelayaran tertentu, yakni, menutup pelabuhannya untuk semua kapal pesiar, baik yang asing maupun domestik, hingga 3 April 2020.

Kapal-kapal pesiar Italia yang sudah melaut harus kembali ke pelabuhan dan membawa penumpang serta awaknya menjalani pemeriksaan medis sebelum mengizinkan mereka untuk turun. Namun, mereka yang tidak mengalami gejala virus akan disarankan untuk melakukan isolasi sendiri selama 14 hari.

Asosiasi menunjukkan bahwa langkah-langkah restriktif yang diadopsi oleh pemerintah Italia tidak membatasi pengangkutan kargo di negara tersebut.

“Kewajiban pencegahan dari apa yang disebut “Free Sanitary Practice” yang dikeluarkan oleh kantor kesehatan setempat tetap berlaku. Dokumen ini memberi wewenang kepada kapal untuk berlabuh, dan semua pelabuhan Italia dilengkapi dan siap untuk menerapkan langkah-langkah baru yang dianggap perlu oleh Kantor Pertahanan Sipil Italia, tanpa mengganggu operasional pelayanan bongkar muat dan pengiriman kargo,” tulis surat itu.

Menurut update dari worldometers per 25 Maret 2020, total kasus positif terjangkit coronavirus di Italia mencapai 69,176 orang, dimana 8,326 dinyatakan pulih dan 6,820 orang meninggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *