Pelabuhan Vancourver Cetak Rekor Volume Peti Kemas Tertinggi pada 2019 

Pelabuhan Vancouver, Kanada, mencetak rekor tertinggi dalam volume peti kemas yang dilayani pada tahun lalu. Throughput pelabuhan tersebut mencapai 3,4 juta TEUS (twenty-feet equivalent unit). Kendati hanya naik 1% dari tahun  sebelumnya, namun menurut data, ini merupakan pencapaian tertinggi dari pelabuhan ini.

Sementara itu, dari sisi tonase kargo, tercatat sebesar 144 juta ton, turun 2% dari tahun 2018.

“Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kinerja tahun lalu, termasuk perang dagang yang mungkin berimbas pada penyesuaian jalur perdagangan. Volume pelabuhan ini diperkirakan akan terus tumbuh pada tahun-tahun yang akan datang,” kata otoritas pelabuhan tersebut sebagaimana dikutip American Shipper.

Dengan proyeksi pertumbuhan yang cukup menjanjikan tersebut, pihak otoritas pelabuhan terus melakukan pengembangan termasuk pengembangan dua terminal petikemas. Apalagi, pemerintah Kanada turut mendukung dengan memperbaiki infrastruktur jalan dan kereta api yang mengubungkan dengan kawasan industri. Pada sisi lain, investasi dan pengembangan industri sebagai hinterland dari pelabuhan tersebut terus tumbuh.

“Proyek perluasan terminal kontainer Centerm akan menambah luas terminal sebesar 15%. Perluasan tersebut serta rekonfigurasi operasi akan menambah total kapasitas Pelabuhan Vancourver sebesar 65%,” jelas otoritas pelabuhan.

DP World baru saja mengumumkan telah menyelesaikan akuisisi Fraser Surrey Docks di pelabuhan Metro Vancouver dari Macquarie Infrastructure Partners. DP World juga mengoperasikan terminal kontainer Centrem di pusat kota Vancouver, terminal kontainer Fairview di Prince Rupert, pelabuhan Nanaimo di British Columbia dan pelabuhan Saint John di New Brunswick.

Pelabuhan Vancourver untuk kedua kalinya mencetak rekor pada tahun 2019. Tahun sebelumnya, pelabuhan ini juga mencetak rekor.

“Kami melihat pertumbuhan perdagangan yang kuat melalui pelabuhan selama paruh pertama tahun 2019 yang mencapai tingkat rekor tertinggi. Memang, memasuki paruh kedua, sedikit turun karena berbagai masalah yang mempengaruhi pasar global,” kata CEO Vancouver Fraser Port Authority, Robin Silvester, dilansir dari American Shipper.

“Terlepas dari tantangan-tantangan ini, kami merasa puas dengan kinerja dalam ketidakpastian perdagangan global. Di samping kontener yang menciptakan rekor tertinggi, kami juga mencatat rekor tonase tertinggi kedua setelah tahun sebelumnya.”

“Ini pesan yang penting bagi semua mitra. Memang pertumbuhannya variatif pada masing-masing jenis kargonya. Namun yang pasti, kinerja pelabuhan ini sangat menjanjikan,” tegas Silvester.

Menurut data, ada sejumlah kargo unggulan dari pelabuhan ini baik yang dikirim melalu kontener maupun curah. Ekapor biji-bijian Kanada pada tahun 2019 mencetak rekor tettinggi, mencapai 28,3 juta ton, naik 3,5 persen dari 2018. Gandum dan tanaman khusus naik masing-masing sebesar 16% dan 14%. Namun, komoditas kanola turun sebesar 19% karena ada penurunan ekspor ke Chima sebesar 62%.

Tarif dan tantangan perdagangan memang berdampak pada beberapa ekspor lainnya ke China, kata otoritas pelabuhan. Pelabuhan melaporkan penurunan 37,3 persen dalam ekspor biji-bijian Kanada ke Cina pada 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *