SPIL, Perusahaan Pelayaran Pertama di Platform e-Commerce Tokopedia

PT Salam Pacific Indonesia (SPIL), perusahaan pelayaran dan logistik terbesar di Indonesia, baru-baru ini menjalin hubungan kerjasama dengan Tokopedia, salah satu raksasa unicorn E-commerce di Indonesia. Kerja sama yang dilakukan adalah dalam bidang IT, dimana kedua perusahaan berkomitment untuk melakukan API (Application Programming Interface) Connection untuk pembayaran DO (Delivery Order) via Tokopedia.

Hal ini bertujuan untuk mewujudkan langkah go digital yang di usung 2 perusahaan besar ini guna memudahkan aktifitas transaksi customer dari SPIL untuk kebutuhan pembayaran invoice tersebut.

GM Commercial dari PT SPIL, Jimmy Liesensia mengatakan kerjasama ini merupakan salah satu langkah besar dan terobosan inovasi terbaru dari PT SPIL di bidang shipping dan logistic untuk memudahkan customer melakukan pembayaran Delivery Order (DO). “Tokopedia merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan di Indonesia dan diakses lebih dari 90jt pengguna setiap bulannya. Saya sangat yakin semua customer kami pasti memiliki aplikasi Tokopedia di smartphonenya dan kami berpikir apabila customer bisa melakukan pembayaran DO melalui aplikasi Tokopedia pasti akan lebih cepat dan nyaman. Selain itu SPIL dan TOKOPEDIA juga memiliki tujuan yang sama, yaitu melakukan digitalisasi disetiap bidang usaha agar menjadi lebih efisien,” Jimmy menjelaskan.

Dalam kenyataannya, PT SPIL sendiri sudah tidak asing dengan istilah digitalisasi. SPIL adalah perusahaan pelayaran logistic berbasis teknologi yang mempelopori digitalisasi di industry pelayaran di Indonesia. SPIL yang pertama meluncurkan sebuah Digital Logistic Platfrom, “mySPIL” pada tahun 2017 dan hal ini menjadi acuan yang di ikuti perusahaan pelayaran lainnya di Indonesia.

Tokopedia juga merupakan salah satu platform e-commerce yang memulai gerakan digitalisasi di Indonesia. Serta menjadi salah satu aplikasi buatan Indonesia yang memiliki gelar Unicorn. Unicorn adalah gelar yang diberikan pada suatu startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari $ 1 miliar.

Kerja sama dengan Tokopedia ini telah go Live pada tanggal 9 Oktober ini dan berjalan sesuai dengan harapan kedua perusahaan. Menu pembayaran tersebut akan tersedia pada laman Top up & Tagihan sehingga dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna yang membutuhkannya.

“PT SPIL merupakan perusahaan shipping dan logistic pertama yang bekerja sama dengan kami. Saat pertama kali PT SPIL menawarkan kerjasama, kami sangat tertarik. Menurut data, aplikasi kami ini sudah tersebar rata hampir ke seluruh Indonesia, dengan ini kami sangat yakin bahwa aplikasi Tokopedia bisa menjadi salah satu alternatif pembayaran yang akan digunakan oleh customer PT SPIL. Tokopedia memiliki banyak pilihan metode pembayaran:  Debit, Kartu kredit, VA, VA Syariah, Transfer Bank, Pembayaran Instan (Bca klik, BRI ePay, Jenius Pay, dll), Cicilan tanpa kartu kredit dan gerai retail. Ini akan menjadi hal yang menguntungkan bagi kedua belah pihak,” kata Veranica, Project Manager Tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *