Tarif Charter Kapal Kontener turun 25-40%

Tarif charter jangka pendek kapal kontener pada tahun 2020 (terhitung maulai Januari hingga Mei) turun hingga 40% dibanding periode yang sama tahun lalu sebagai imbas dari strategi perusahaan pelayaran selama merebaknya pandemi coronavirus (covid-19).

Strategi perusahaan pelayaran dengan memangkas kapasitas angkut (blank sailing) dalam merespons turunnya volume perdagangan selama merebaknya coronavirus (covid-19), menurut perusahaan pelayaran penyedia kapal charter Danaos, merupakan faktor utama turunnya tarif charter.

“Perusahaan pelayaran merespons turunnya volume perdagangan selama masa pandemi covid-19 dengan melakukan penangguhan pelayaran (blank sailing) dan mengurangi kapasitas kapal (idling capacity) yang beroperasi. Sebagai akbitanya, tarif charter turun antara 25-40%. Angkanya variatif, tergantung ukuran kapal,” kata Presiden Direktur dan CEO Danaos Dr John Coustas dalam laporan kinerja keuangan perusahaan tersebut pada triwulan pertama (Q1) 2020.

Imbas dari penurunan tariff charter, pendapatan sejumlah perusahaan penyedia kapal charter juga turun. Pendapatan Danaos, yang memiliki 55 kapal kontener dangan kapasitas antara 2,200 hingga 13,100 TEU, misalnya, turun 5,9% selama Q12020, dibanding periode yang sama tahun lalu. Pendapatan perusahaan ini tercatat sebesar US$106 juta. Laba bersih dari perusahaan yang sebagian besar customer-nya adalah 10 perusahaan terbesar global, turun 13,7%, atau sebesar $33,3 juta selama Q12020.

Turunya pendapatan Danaos juga disebabkan karena adanya delay pemasangan scrubber pada sejumlah galangan kapal di China. Potensial loss perusahaan ini dari penyebab ini diperkirakan mencapai $3,2 juta selama kuartal pertama.

Kendati mengalami penurunan, namun menurut Coustas, secara umum kinerja keuangan perusahaan masih sangat sehat. “Kami sukses melakukan perpanjangan kontrak charter dengan seumlah perusahaan. Kendati dengan tariff yang lebih rendah, namun marjin-nya masih di atas level breakeven point,” jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *