Vinalines Ingin Gabung Aliansi Global, Cari Mitra Intra-Asia

VIETNAM National Shipping Lines Corporation (Vinalines) melirik peluang untuk bergabung dengan aliansi pelayaran dunia (Global Shipping Alliance) dengan berfokus dalam pengembangan manajemen pelabuhan, pengiriman, dan layanan maritimnya.

Dikutip dari Vietnam News Agency (VNA), transshipment dan meningkatkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan pelayaran asing di pelabuhan-pelabuhan laut dalam akan menjadi inti dari strategi perusahaan untuk memperkuat daya saingnya dan memastikan pertumbuhan lebih lanjut.

Perusahaan ini juga berencana memodernisasi armadanya dan mengganti hingga 15 kapal tua, berinvestasi dalam infrastruktur dan dermaga di Pelabuhan Lach Huyen di Kota Hai Phong untuk menerima kapal hingga 8.000 TEU. Berdasarkan rencana investasi perusahaan, Vinalines memiliki armada 80 kapal, dengan usia rata-rata 10-12 tahun, dengan rincian 17 persen kapal kontainer, 26 persen kapal tanker, dan 57 persen kapal bulker.

Vinalines ingin berinvestasi di kapal yang berkisar antara 80.000 dwt dan 180.000 dwt untuk meningkatkan bisnis transportasi batubara dan bijih besi. Ketika masuk ke sektor kontainer, tujuan Vinalines adalah untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dalam transportasi kontainer dan pengumpan di pasar domestik.

Perusahaan juga tertarik untuk mencari mitra untuk membangun layanan peti kemas intra-Asia. Untuk tahun 2020, perusahaan menargetkan untuk menangani sekitar 30 persen kargo melalui Vietnam.

Meskipun kondisi pasar yang sulit sebagian besar didorong oleh ketegangan geopolitik, Vinalines melaporkan hasil yang lebih baik untuk 2019 bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Menurut Tran Tuan Hai, kepala Strategi Pengembangan dan Komunikasi untuk Vinalines, pendapatan konsolidasi perusahaan diperkirakan lebih dari VND12 triliun (USD 518 juta), 6 persen di atas angka 2018. Juga dilaporkan bahwa sekitar 106 juta ton barang dikirim melalui jaringan pelabuhannya tahun lalu, 12,9 persen lebih tinggi dari tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *