Walau Lebih Rendah dari Tahun Lalu, Efek Pandemi Pada Impor AS tidak Separah Prediksi

Dampak merebaknya coronavirus terhadap aktivitas impor di Amerika sudah semakin mengecil dan tidak separah seperti yang diprediksikan.

Menurut sujumlah lembaga yang terkait dengan aktivitas retail di negara Paman Sam tersebut, termasuk National Retail Federation (NRF) dan Hackett Associates sebagaimana yang dilaporkan Global Port Tracker, kendati masih lebih kecil dari tahun lalu, namun impor AS tidak separah seperti yang diprediksikan.

“Angkanya memang lebih rendah dari tahun lalu. Namun, lebih tinggi dari yang kami prediksikan sebulan lalu,” kata Wakil Presiden NRF Jonathan Gold.

“Belanja konsumer sudah mulai menggeliat. Dan, sejalan dengan kembali dibukanya kantor dan orang-orang sudah muali masuk kerja, para pelaku retail sudah meningkatkan persedian (stock) sehingga memicu kembali meningkatnya aktivitas impor,” lanjut Jonathan.

Hal yang sama disampaikan Ben Hackett, pendiri Hackett Associates. “Impor memang sangat fluktuatif. Bulan ini naik, tetapi bisa saja bulan depan turun lagi. Virus ini akan mengubahnya begitu cepat,” katanya. Namun, dia sepakat kendati ada penurunan dibanding tahun lalu, namun tidak separah seperti yang diprediksikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *