Skip to content

Harga Charter Kapal Multipurpose Diperkirakan Kembali Naik Bulan Ini

Indeks harga charter kapal multipurpose mengalami kenaikan pada Januari 2022, baik dibanding bulan sebelumnya maupun dibanding bulan yang sama tahun lalu. Menurut Drewry, indeks  harga charter kapal multipurpose pada Januari mencapai $10.920 per hari, naik 3,3% dibanding bulan sebelumnya (Desember 2021) dan 68% dibanding Januari 2021.

Diperkirakan, harga charter tersebut akan terus naik pada bulan ini (Februari). Menurut Drewry, pada bulan February indeks harga diperkirakan mencapai $11.200/hari, naik 2,6% dibanding Januari.

Get Free Latest Magazine by Join Our Weekly Newsletter:Click here to join free weekly newsletter

Ada beberapa faktor yang mendorong penguatan tersebut pada bulan lalu. Pertama, karena dampak psikologis dari inefisiensi rantai pasok yang terus berlanjut. Kedua, market kargo multipurpose yang stabil bahkan cendrung menguat, terutama pada rute-rute pendek (short-sea shipping).

Join Telegram Group Shipping & Logistics:

Dan ketiga, kenaikan freight rate petikemas berimbas pada sentiment positif terhadap penggunaan kapal multipurpose sebagai alternatif. Tahun Baru China dinilai memperparah rantai pasok dan kenaikan tariff peti kemas semakin tak terkendali. Hal ini turut mendongkrak harga charter multipurpose.