Ini Penyebab Macet Tanjung Priok versi DPD Aptrindo DKI

*Kemacetan di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok

Kemacetan akses jalur logistik dari dan  ke Pelabuhan Tanjung Priok,  jika dilihat secara utuh  ada keterkaitan dengan pembatasan jam operasi  angkutan barang  di  Tol Cikampek, mahalnya tarif tol akses Tanjung Priok dan layanan  di NPCT.1 masih rendah.

Demikian pendapat Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia  (Aptrindo) DKI Mustajab Susilo Basuki dalam bincang bincang dengan Indonesia Shipping Gazette, Minggu (27/5/2018).

Mustajab mengatakan pada pk 06.00 s/d 09.00 truk angkutan barang tidak boleh melintas tol Cawang Cikampek sehingga terjadi penumpukan truk di jalur Tol Cikunir menunggu jam buka larangan tersebut.

Kondisi ini berimbas  pada  kendaraan  memenuhi seluruh badan jalan Tol Cikunir tsb  yang akan menuju ruas Tol Lingkar Luar arah jalan TB Simatupang, Pasar Rebo dan Pondok Indah.

Apalagi  di ruas sekitar Bintara dan Kali Malang kendaraan sering tidak bisa  lewat karena terhalang /tertutup truk-truk yang antri menunggu jam buka pembatasan operasi pk.06.00-09.00 tsb.

Kondisi macet di Cikunir ini  menyebabkan kendaraan besar dari Tanjung Priok  akan menuju ke arah Cikampek memilih  lewat bawah (jalan arteri) di sekitar Cacing.

Kendaraan enggan masuk Tol Akses Tanjung Priok karena taifmya  terlalu mahal. Padahal jalan arteri Cacing tersebut memang sehari hari sudah macet  dampak kegiatan Depo Kontainer di sepanjang jalan Cacing ditambah antrian kendaraan yang akan uji kier di PKB Cacing.

Macet di JL Cacing  ini sering nembuat ekor antrian bisa  sampai ke Marunda dan Bogasari (dilihat pakai drone lebih tampak lagi).

Parahnya lagi ditengah-tengah ruas jalur  tersebut terdapat jalur menuju Gate In  NPCT 1 yang juga menyumbang kemacetan parah di ruas jalan tersebut.

Mustajab mengatakan kemacetan di NPCT One karena proses bongkar  muat yang lama dan traffic dari dan ke terminal tersebut sangat buruk.

Kondisi  ini diperparah lagi  ruas jalan tol Yos Sudarso depan kantor Walikota Jakut  yang akan masuk tol arah pintu 9 depan JICT macet total, kata Mustajab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *